get app
inews
Aa Read Next : Pentingnya Implementasi Nilai-nilai Pancasila, untuk Mewujudkan Demokrasi yang Beretika

Unisri Jawara

Kamis, 01 Desember 2022 | 13:26 WIB
header img
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo (tengah) memperlihatkan piala yang diraih para mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Unisri Jawara

MURIA.iNews.id-Tim bola voli putri Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta merebut juara pertama dalam Liga Voli Mahasiswa (Livoma). 

Di final yang digelar di kampus Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, belum lama ini, tim voli putri Unisri menumbangkan tim voli dari STKIP Sumenep, Madura.

Di turnamen itu, pemain Unisri, yakni Almalina Fatika Putri, terpilih sebagai pemain terbaik. Dan sebagai juara, Unisri berhak mendapatkan piala bergilir dari Kemendikbudristek dan piala tetap Rektor UNS.

Dalam Liga Voli Mahasiswa (Livoma) 2022 itu, kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unisri Surakarta Prof Dr Sutoyo, Unisri mengirimkan dua tim yakni Unisri A dan B. Dan yang menjadi juara adalah Tim A.

"Di Livoma 2022 ini, Unisri hanya kirim tim putri. Sebab untuk tim putra, kebetulan para pemainnya mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS). Padahal sebelumnya, tim voli putra Unisri juga menjadi juara Livoma," kata dia ketika memberi pada media, Rabu (30/11/2022) di kampus setempat.

Sementara itu di POMNAS XVII yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, secara keseluruhan, Unisri mengirimkan tujuh atlet/pemain untuk memperkuat tim Jawa Tengah. Yakni di cabang voli putra dan putri, buluitangkis serta taekwondo.

Di POMNAS yang digelar di Padang, tim voli Jawa Tengah baik putra maupun putri berhasil meraih medali perak. Tim putra diperkuat satu pemain dari Unisri, sedang tim putri diperkuat dua pemain Unisri.

"Untuk bulutangkis mendapat dua perunggu, sementara taekwondo mendapat satu perak dan satu perunggu," jelas Prof Dr Sutoyo.

Tidak hanya di cabang bola voli, prestasi di cabang olah raga lainnya juga ditunjukan para mahasiswa Unisri, misal tenis meja. Setidaknya, hal itu ditunjukkan dengan raihan juara pertama pada Kejuaraan Tenis Meja tingkat Nasional, 17-20 November 2022 di Universitas Semarang (USM).

Dalam kejuaraan tersebut, tim Unisri menyabet dua gelar juara pertama sekaligus, yakni kategori mahasiswa dan umum. "Mahasiswa kita atas nama Arfan Sena Pramudya yang meraih juara satu di dua kategori, yakni mahasiswa dan umum," ungkap Sutoyo.

Menariknya, meski memiliki sejumlah prestasi di bidang olahraga, namun di Unisri justru tidak ada fakultas atau program studi olahraga.

"Yang pasti, sejauh ini Unisri belum ada rencana membuka prodi olahraga, karena terlalu banyak hal yang harus dipertimbangkan," katanya.

Selain prestasi nonakademik seperti di cabang olahraga, prestasi akademik para mahasiswa Unisri juga patut dibanggakan. Misal, para mahasiswa Unisri lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang digelar di Malang dari 29 November hingga 4 Desember 2022.

Di Pimnas 2022, karya mahasiswa yang mengangkat tema Pemberdayaan Siswa Disabilitas YPAC Prof. Dr Suharso Surakarta melalui Program mantab Penampil lolos di Pimnas yang digelar di Malang.

"Untuk bisa lolos Pimnas bukan perkara mudah, karena tidak semua perguruan tinggi bisa lolos. Karena itu semoga nanti bisa menjadi juara," harap pria yang juga salah satu guru besar di Unisri tersebut.

Prestasi lain yang tak kalah membanggakan adalah lolosnya dua tim Unisri di ajang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo di Universitas veteran Surabaya.

"Ini baru pertama kali Unisri lolos KMI Expo. Dan untuk tahun ini kita mengirimkan dua tim. yang pertama mengangkat soal pemanfaatan telepon seluler untuk jasa laundry sepatu, serta kreasi olahan arem-arem yang disebut dengan sushi van Java," ungkap Prof Sutoyo.

Berbagai raihan prestasi ini tentu tidak datang sendiri. Ada upaya pembinaan secara khusus yang selama ini diterapkan di Unisri, yang berbeda dengan di perguruan tinggi lain.

Menurut dia, ada 4 hal yang selama ini diterapkan Unisri agar mahasiswa selalu menorehkan prestasi. Yakni rekrutmen, pembinaan, pembangunan suasana yang mendukung, serta pemberian bea siswa.

"Dengan empat hal tersebut, terutama pembangunan suasana hati yang nyaman, mampu mendorong para mahasiswa secara total mengeluarkan kemampuan terbaik mereka, hingga meraih prestasi," tandas Sutoyo.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut