get app
inews
Aa Read Next : Wagub Jatim Sebut Perlu Dibangun Tempat Parkir Air untuk Atasi Banjir Bengawan Solo, Seperti Apa..?

Maju Lomba Kelurahan Jawa-Bali, Jebres Bersaing dengan Kelurahan di Jogja, Bekasi, Madiun, dan Bali

Rabu, 02 November 2022 | 20:35 WIB
header img
Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Kemendagri melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan Jebres Solo, Rabu (2/11/2022).

MURIA.iNews.id-Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta mewakili Jawa Tengah dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa-Bali Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk menjadi kelurahan terbaik se-Jawa dan Bali, Kelurahan Jebres akan bersaing dengan Kelurahan Bintara (Bekasi), Kelurahan Suryatmajan (Yogyakarta), Kelurahan Kanigoro (Madiun) dan Kelurahan Karangasem (Kabupaten Karangasem).

Sebelumnya Kelurahan Jebres menjuarai lomba desa dan kelurahan di tingkat provinsi. Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Kemendagri telah melakukan klarifikasi lapangan, atas unggulan-unggulan yang dimiliki Kelurahan Jebres.

Klarifikasi lapangan tersebut, kata Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo, merupakan tahapan terakhir, setelah serangkaian penilaian. Bahkan saat paparan materi di tingkat nasional sebelumnya, Jebres berhasil menduduki peringkat pertama dari lima wakil provinsi.

Menurut Dwi Daryatmo, klarifikasi lapangan dilakukan tim Kemendagri yang dipimpin Kasubdit Wilayah II Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemdes, Tiyar Cahya Kusuma, guna memastikan implementasi dari materi paparan sebelumnya.

“Ada berbagai potensi unggulan dan inovasi yang kami ikutkan dalam lomba tersebut," kata Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo, Rabu (2/11/2022).

"Mulai Taman Cerdas, UMKM, potensi budaya, TPS 3R (reduce, reuse, recycle) sampai Posyandu Remaja. Posyandu tersebut bahkan diapresiasi tim penilai, karena biasanya posyandu hanya melayani balita dan lansia.”

Dikatakan, seluruh potensi tersebut diharapkan mampu mendulang poin tinggi dalam sejumlah instrumen penilaian. Meliputi pemerintahan, kewilayahan dan pengembangan masyarakat. Di lomba kali ini, Jebres mengusung tema ‘Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh’.

“Kami harap Jebres bisa menjadi juara, setelah pada 2013 masuk urutan lima besar lomba desa dan kelurahan tingkat nasional,” kata Ari Dwi Daryatmo.

Sementara itu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menilai, Jebres berpotensi menjadi pemenang lomba tersebut berdasarkan skor sementara penilaian yang dilakukan tim.

“Kami optimistis,” kata Gibran ketika meninjau Kelurahan Jebres bersama tim dari Kemendagri.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut