get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Diterjang Angin, Pohon Besar Roboh Menimpa Rumah di Kedungjati Grobogan

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:18 WIB
header img
Tim Sibat Desa Wates bersama BPBD dan anggota TNi melakukan evakuasi pohon yang tumbang menimla rumah warga di Desa Wates, Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Senin (24/10/2022). (Istimewa-PMI Grobogan)

MURIA.iNews.id-Hujan deras yang melanda Kecamatan Kedungjati, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah menyebabkan satu pohon besar roboh dan menimpa satu rumah warga di Desa Wates.

Proses evakuasi pohon yang menimpa rumah warga tersebut melibatkan anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Wates, BPBD Grobogan dananggota TNI, pada Senin (24/10/2022). 

Kades Wates, Kecamatan Kedungjati, Iswahyudi yang juga sebagai Pembina Sibat desa setempat mengatakan pohon mahoni besar menimpa rumah bagian belakang milik Marman. Menyebabkan kerusakan pada genting dan kerangka rumah.

"Alhamdulillah, hari ini pohon yang menimpa rumah Pak Marman sudah devakuasi Tim Sibat, BPBD, TNI dan warga," ujar Kades Iswahyudi, Senin (24/10/2022).

Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristyawan, Sibat Desa Wates melakukan pemotongan batang pohon dan  pembersihan ranting serta dahan yang menimpa rumah. Juga memberikan bantuan sembako dan uang tunai untuk pemilik rumah.

Menurut Gesit,  Sibat dibentuk PMI Grobogan di beberapa desa yang masuk kategori rawan bencana. Sehingga bisa dikatakan Sibat membantu pemerintah desa dalam hal penanggulangan bencana. 

"Keberadaan Sibat termasuk mencari solusi dalam mengurangi risiko dampak dari bencana di desa setempat," tambah Gesit.

Sebelumnya Bupati Grobogan Sri  Sumarni berdasarkan prakiraan dari BMKG, bahwa pada Oktober 2022, di Kabupaten Grobogan telah memasuki awal musim penghujan dan cuaca ekstrim. 

Akibat cuaca ekstrem tersebut, Grobogan sering dilanda hujan lebat di sertai angin kencang di beberapa kecamatan. Hal ini berdampak pada rumah roboh serta pohon tumbang.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut