get app
inews
Aa Read Next : 50 Madrasah Ibtidaiyah di Kudus Ikuti Pelatihan Sepak Bola, Langsung Dipandu Pelatih Asing

Selain Kota Kudus, Ini Kota Yang Dapat Sebutan Kota Santri!

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 20:26 WIB
header img
Masjid Al Aqsa Menara Kudus (IG Officialmedia_menarakudus)

Perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dituangkan setiap 22 Oktober yang disahkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015.

Kedudukan pesantren dan para santri dari dulu selalu memberi peranan penting, apalagi ketika memberikan perlawanan terhadap penjajah. 

Dengan jumlah yang tak sedikit pesantren yang bertebaran di seluruh Indonesia dan saking terkenalnya kota-kota yang dimukimi santri, bahkan tervetus qasidah ‘Kota Santri’ ciptaan H. Suheimi yang populer sejak era 80-an sampai kini.

Berikut 7 Kota Satri di Indonesia yang bisa jadi destinasi wisata religi :

1. Kudus

Selain kedapatan dua tokoh penyebaran agama Islam di Jawa, yakni Sunan Kudus dan Sunan Muria, Kudus memang dijuluki Kota Santri, sebab, banyak santri yang menghafal Al-Qur'an di Kudus, satu di antara pondok pesantren yang terkenal ialah Yanbu’ul Qur’an dengan masyayikhnya yang terkenal ialah KH Arwani Amin. 

Selain itu di Kompleks Menara Kudus, banyak kedapatan pondok-pondok pesantren berdiri. Tidak hanya di kompleks Menara Kudus, pusat santri juga dapat ditemukan di daerah Jekulo yakni Pondok Mbareng.

2. Kendal

Kaliwungu Kendal telah membumi didapuk sebagai kawasan santri di Kabupaten Kendal Jawa Tengah sebagai salah satu basis penghafal Al Quran. Pesantren yang terkenal di antaranya Daarul Arqom dan Al Fadhlu wal Fadhilah.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut