get app
inews
Aa Read Next : Sering Dilanda Banjir, Pemkot Pekalongan Terapkan Muatan Lokal Kebencanaan dalam Kurikulum SD

Ketua LP Ma'arif NU PWNU Jateng Apresiasi Diklat Implementasi Kurikulum ke-NU-an

Jum'at, 02 September 2022 | 10:51 WIB
header img
LP Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah mengapresiasi Diklat Kurikulum ke NU an yang digelar LP Ma'arif NU PCNU Wonosobo.

WONOSOBO, iNews.id- LP Ma’arif NU PCNU Wonosobo menggelar Diklat Implementasi Kurikulum Ke-NU-an bersama LP. Ma'arif NU PWNU Jateng di SMK Andalusia, Kamis, (1/9/2022) kemarin.

Nampak hadir dalam agenda itu, antara lain, R. Andi Irawan Selalu Ketua LP Ma'arif NU PWNU Jateng, H. Samsul Ma’arif Selaku Wakil PCNU Wonosobo, Edi Rohani Selalu Ketua LP. Ma'arif NU PCNU Wonosobo dan TIM Diklat kurikulum Ke-NU-an LP Ma'arif NU PWNU Jateng.

Gelaran Diklat yang diikuti oleh 88 guru tingkat MI/SD itu, R. Andi Irawan mengapresiasi langkah cepat yang LP Ma’arif NU PCNU Wonosobo yang baru dilantik sekiranya belum genap satu bulan. "Baru dilantik langsung mengadakan kegiatan penting terkait dengan Diklat kurikulum ke-NU-an, luar biasa," ucapnya.

"Diklat ini dalam rangka membekali kompetensi guru Ma'arif tentang cara implementasi kurikulum ke NU an. Selain itu juga untuk menyamakan pemahaman yang benar tentang NU dan sekaligus menyambung sanad keilmuan dengan para kiai di tubuh PWNU Jateng, karena kurikulum ini isinya telah ditelaah dan direstui oleh beliau-beliau," tutur R. Andi Irawan yang juga sebagai pengasuh Darul Hadlonah Pati.

Sementara itu, dilain kesempatan, Edi Rohani menyampaikan bahwa harus mampu menjadi pionir keberlangsungan ajaran Aswaja An-Nahdliyah.

"Hari ini kita dihadapkan dengan menguatnya ideologi transnasional, sehingga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan LP Ma’arif NU harus mampu mengawal, meneruskan dan melestarikan ajaran Aswaja, tidak hanya dalam hal aqidah, namun juga dalam hal pola pikir, amaliyah dan gerakan atau Harakah," ujar Edi Rohani yang juga sebagai Penulis buku Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan NU Wonosobo 

Sementara itu, H. Samsul Ma’arif selaku Wakil Ketua PCNU Wonosobo meminta agar Aswaja betul-betul menjadi nafas gerakan dalam mengelola pendidikan.

“Aswaja merupakan aqidah yang harus kita ajarkan kepada peserta didik kita sejak di bangku SD/MI. Ajaran ini juga harus dapat diteruskan ke jenjang selanjutnya hingga sampai SMA/SMK/MA," ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo.

Dari Diklat ini, Dr. Muammar selaku ketua Tim Diklat kurikulum Ke-NU-an berharap selepas Diklat ini dapat memberikan pengajaran yang baik dan benar kepada para siswa di madrasah atau sekolah masing-masing.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut