Dua Mobil Tangki Air Bantuan dari KPH Purwodadi Diserbu Warga Lebak Grobogan

Arif Fajar
Perum Perhutani KPH Purwodadi melaksanakan droping air bersih di Dusun Linduk, Desa Lebak, Kecamatan Grobogan, Rabu (4/9/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Bantuan air bersih sebanyak dua mobil tangki dari Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwodadi diserbu warga Dusun Linduk, Desa Lebak, Grobogan, Rabu (4/9/2024).

Warga yang sebelumnya sudah mengetahui akan ada bantuan air bersih sebanyak dua mobil tangki dengan total 5.000 liter sudah menunggu dengan membawa berbagai tempat air. Seperti galon, ember dan jerigen.

Droping air bersih tersebut disaksikan perwakilan dari Polsek dan Koramil Grobogan, Perangkat Desa Lebak, LMDH Jati Luhur Desa Lebak, dan BKPH Linduk.

Bantuan air tersebut memang sudah lama dinantikan warga Dusun Linduk, mengingat di saat musim kemarau seperti ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Administratur KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan menyampaikan bahwa penyaluran air bersih tersebut merupakan salah satu wujud dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan kepada masyarakat.

TJSL diberikan terutama kepada masyarakat di sekitar hutan. Dengan harapan lanjut Untoro, dapat meringankan beban masyarakat yang pada saat musim kemarau kesulitan air bersih.

"Terima kasih kepada semua stakeholder terkait yang telah berupaya dan membantu kami sehingga kegiatan bantuan air bersih ini berjalan lancar dan tepat sasaran," ujar Untoro.

Sementara Kepala Desa Lebak Kasman mengapresiasi dan berterimakasih kepada Perhutani yang telah memberikan bantuan air bersih kepada warganya di musim kemarau saat ini. 

Sebagai bentuk apresiasi, warga Desa Lebak, diimbau Kades Kasman untuk ikut membantu menjaga kelestarian hutan  karena Perhutani telah peduli dengan kesejahteraan masyarakat pula.

Dalam kesempatan itu, Wakil Administratur Toto Suwaranto menyampaikan bahwa kegiatan itu terlaksana setelah ada informasi  dan usulan dari jajaran Perhutani dengan Pemerintah Desa Lebak.

"Ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan di musim kemarau termasuk juga apel siaga Karhutla bersama TNI, Polri dan LMDH," jelas Toto Suwaranto.

Perum Perhutani KPH Purwodadi, lanjut Toto Suwaranto, berencana akan kembali mendistribusikan air bersih di 10 Desa sekitar hutan. Nantinya ada 60 tangki berisi air bersih untuk membantu warga. 

"Dengan kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya menjaga kelestarian hutan dan air," tambahnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network