Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwarcab Grobogan Diakhiri Dengan Perkemahan

Arif Fajar
Peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar yang digelar Kwarcab Grobogan melakukan kegiatan perkemahan di SMPN 1 Grobogan. (dok Kwarcab Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Grobogan berakhir dengan kegiatan perkemahan pada Minggu (14/7/2024).

Kegiatan KMD digelar oleh Kwarcab Grobogan sejak Senin 8 Juli 2024, kemudian diakhiri dengan kegiatan perkemahan selama tiga hari di lapangan SMP Negeri 1 Grobogan.

Menurut Kak Hariyanto dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kwarcab Grobogan  selaku pimpinan kursus, total ada 75 peserta, terdiri dari 39 orang KMD Golongan Siaga dan 36 orang Golongan Penggalang.

“Kegiatan KMD Kwarcab Grobogan ini diselenggarakan selama satu minggu, dilaksanakan secara daring maupun tatap muka dengan total 70 jam pelajaran,” jelas Kak Hariyanto.

Para peserta yang melaksanakan perkemahan ini merupakan bagian dari implementasi metode kepramukaan dalam yang diajarkan dalam Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Bahwa kegiatan kepramukaan lanjut Kak Hariyanto, dilaksanakan di alam terbuka, menarik dan menantang, berkelompok atau beregu dan pastinya dengan pendampingan orang dewasa.

Dengan melakukan praktek berkemah, para peserta KMD yang nantinya menjadi pembina Pramuka di Gugus Depan, tambahnya, masing masing dapat menerapkan hal tersebut kepada peserta didiknya.

Peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, dikatakan oleh Kak Hariyanto, harus memahami dan menghayati perannya ke depan sebagai Pembina Pramuka. 

“Melalui perkemahan, mereka berlatih bekerjasama, meningkatkan kekompakan dengan dibekali ragam ketrampilan kepramukaan yang nantinya dapat diterapkan kepada para peserta didiknya" tegas Kak Hariyanto.

Sebelumnya Sekretaris Kwartir Cabang Grobogan, Kak Suyitno saat membuka KMD mengatakan, bawwa kegiatan tersebut dalam rangka menjawab kebutuhan pembina Pramuka di Gugus Depan. 

“Peserta didik di Gugus Depan harus dididik oleh Pembina Pramuka yang memiliki kompetensi Kepramukaan sebagai bagian pencapaian tujuan dari Gerakan Pramuka,” kata Kak Suyitno. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network