Menkominfo Budi Arie Didesak Mundur, Begini Respons Jokowi

ADC
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi didesak mundur jabatannya usai terjadi peretasan di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS).

JAKARTA, iNewsMuria - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi didesak mundur jabatannya usai terjadi peretasan di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS). Sebagai Menkominfo, Budi dinilai yang paling bertanggung jawab atas hal itu.

Terkait desakan mundurnya Budi Arie oleh sejumlah kalangan, Presiden Jokowi akhirnya buka suara.

"Semuanya sudah dievaluasi," kata Jokowi usai meresmikan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Desakan agar Budi Arie mundur dari jabatan Menkominfo, salah satunya disampaikan oleh Southeast Asia Freedom of Expression Network (Safenet) dengan menggalang petisi via laman change.org yang dibuka pada 26 Juni 2024.

Petisi bertajuk "PDNS Kena Ransomware, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi Harus Mundur!" itu sudah mendapatkan tanda tangan sebanyak 22 lebih warga net hingga hari ini.

PDNS 2 di Surabaya mengalami serangan siber dalam bentuk ransomware bernama Brain Cipher, varian terbaru dari Lockbit 3.0. Puncaknya, PDNS mulai tidak bisa diakses sejak Kamis, 20 Juni 2024, yang berakibat layanan publik tidak bisa diakses, termasuk imigrasi.
Safenet menyebut, terdapat sedikitnya 282 instansi pemerintah pengguna PDNS yang terdampak serangan siber tersebut.

Pemerintah menargetkan pemulihan atas serangan siber PDNS 2 di Surabaya rampung pada bulan ini.
Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menekankan pentingnya cadangan data nasional guna mengantisipasi insiden serupa terulang di kemudian hari.

"Di back up semua data nasional kita, sehingga kalau ada jadian, kita tidak terkaget-kaget," ujarnya.

Presiden mengaku telah mengevaluasi insiden peretasan dalam bentuk ransomware yang berakibat lumpuhnya server sejumlah lembaga dan kementerian.

"Ya, sudah kita evaluasi semuanya. Yang paling penting, semuanya harus dicarikan solusinya agar tidak terjadi lagi," katanya.

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network