Indonesia Jadi Tuan Rumah World Cyber Games 2024, Diikuti 111 Negara

ADC
Forum Bisnis Ekonomi Kreatif di Jakarta.

JAKARTA, iNewsMuria.id- Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang mempertemukan berbagai stakeholder industri konten seperti komik, gim, film / animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal di Jakarta bakal menyelenggarakan festival multi-gim terbesar di dunia yang telah ada sejak tahun 2001.

Seperti diketahui, industri gaming atau gim di Tanah Air mengalami perkembangan pesat. Terlebih dengan adanya dukungan dari pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) no.19 tahun 2024 yang salah satu isinya terkait mempercepat perkembangan industri gim nasional. Perpres itu menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan apresiasi terhadap produsen gim nasional melalui penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan global. 

Forum Bisnis Ekonomi Kreatif sebagai pelopor ajang temu bisnis yang selaras dengan kemajuan industri global bersiap menggelar World Cyber Games (WCG) 2024, yang mana Indonesia sebagai market gim terbesar di Asia Tenggara bakal menjadi tuan.

Harapannya, hadirnya Forum Bisnis Ekonomi Kreatif ini juga dapat menarik perhatian investor domestik dan asing dalam melihat potensi industri Intellectual Property (IP) di Indonesia.

Kegiatan WCG nantinya bakal melibatkan 111 negara, 76 gim, dan 1,5 juta pemain gim dari seluruh dunia. Kegiatan ini diadakan di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dengan puncak festivalnya akan digelar di Indonesia pada 31 Agustus – 1 September 2024 di ICE BSD Tangerang.

"Kiranya ini bisa menjadi sarana promosi gim terbaik antar negara, dan dapat menginspirasi satu dengan yang lainnya," ungkap Liz Zeny Merry - Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves dalam diskusi Forum Bisnis Ekonomi Kreatif, di Jakarta. 

Rangkaian acara Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang mengawali Festival WCG akan dihadiri oleh berbagai stakeholder industri konten dari berbagai negara dan 100 top influencers dari Asia Tenggara dan Korea Selatan yang akan menghadiri Festival World Cyber Games 2024. 

Untuk aktivasi dan apresiasi gim nasional di tingkat regional, influencer-influencer dari mancanegara ini diundang untuk bermain dan mempromosikan gim-gim buatan Indonesia. Lokapala, gim buatan Indonesia akan menjadi salah satu official gim di ajang bergengsi ini.

Komite Ekraf dan Ketua Asosiasi CAKRA, Ivan Chen berharap kegiaatn ini menjadi ajang kreatifitas gamer lokal untuk unjuk gigi. 

“Ini adalah kesempatan emas untuk mendorong gim developer lokal untuk dapat melakukan aktivasi di Asia Tenggara,”ujar Ivan Chen. 

Partisipasi gim lokal di festival WCG 2024 dengan konsep barunya nantinya juga diharapkan dapat mendorong akses market gim lokal di kawasan Asia Tenggara dan global.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network