57 Anggota Panwascam Pilkada 2024 Dilantik Oleh Ketua Bawaslu Grobogan, Ini Pesan Bupati

Arif Fajar
Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti melantik 57 anggota Panwascam Pilkada 2024 di Hotel Grand Master Purwodadi, Grobogan, Jumat (24/5/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti melantik 57 anggota Panwaslu Kecamatan atau Panwascam di Firdausia Ballroom Hotel Grand Master Purwodadi, Jumat (24/5/2024).

Pelantikan disaksikan unsur pimpinan Bawaslu Grobogan, Asisten Pemerintahan Setda Grobogan Kurnia Saniadi mewakili Bupati Grobogan dan perwakilan Forkompimpda Grobogan dan camat.

Selesai pelantikan anggota Panwascam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan dan Pemilihan Gubernur Jateng 2024 menandatangani pakta integritas.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Kurnia Saniadi mengucapkan selama bekerja kepada 57 Panwascam yang baru dilantik.

"Selamat bekerja dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak nasional, khususnya di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah," kata Bupati.

Bupati Sri dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik untuk bersikap profesional. Melaksanakan tugas, wewenang dan tanggungjawab sebaik baiknya.

"Pahami kode etik, bersikap netral dan hindari konflik kepentingan dengan terciptanya Pilbup Grobogan dan Pilgub Jateng 2024 yang aman dan kondusif," ujar Bupati Grobogan dalam sambutannya.

Panwascam, lanjut Kurnia Saniadi, untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas pemilihan bisa berkoordinasi, bersinergi dengan berbagai pihak, seperti Camat dan PPK.

"Meskipun tugas Panwaslu Kecamatan lebih berat saat Pemilu karena lebih banyak yang harus diawasi, namun suhu politik akan lebih panas pada saat Pilkada," tambah Bupati. 

Untuk itu harus bisa menjaga suhu politik tidak menimbulkan gesekan, meningkatkan partisipasi pemilih, pelanggaran kampanye bisa ditekan, serta memastikan tahapan berjalan lancar.

"Namun saya percaya, jika dipersiapkan sejak sekarang dengan matang, Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan akan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Bupati Grobogan.

Menurut Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti, perekrutan Panwascam Pilkada 2024 melalui dua cara. Yakni existing atau evaluasi kinerja Panwascam Pemilu 2024 dan pendaftaran baru.

"Total ada 57 anggota Panwascam terbagi di 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan. Di mana masing-masing kecamatan ada tiga anggota Panwascam," terang Fitria. (*)
 

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network