Kirab Puluhan Gunungan, Kuatkan Nuansa Budaya dalam Pembukaan SGS 2024

Klasik Herlambang
Arak-arakan gunungan berisi produk UMKM mewarnai pembukaan SGS 2024 (Foto: Klasik H)

SOLO, iNewsMuria.id - Event tahunan Solo Great Sale (SGS) 2024 resmi dibuka pada Minggu 5 Mei 2024.

Ditandai dengan parade berupa kirab gunungan produk UMKM dan makanan, acara seremoni pembukaan ini berlangsung meriah di tengah ajang Car Free Day (CFD) tepatnya di persimpangan Ngarsopuro, Kota Solo.

Ketua KADIN Indonesia M. Arsjad Rasjid hadir bersama sekretaris Kementerian Investasi/BKPM RI, Ikmal Lukman, sebagai perwakilan pemerintah pusat.

Didampingi Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa dan Ketua Kadin Surakarta Ferry S Indrianto, Ikmal Lukman didapuk membuka secara resmi event SGS 2024.

SGS yang tahun ini memasuki tahun ke-10, tidak hanya sebagai acara rutin tahunan, tetapi juga sebagai momentum untuk merayakan keberhasilan, memperkuat jejaring bisnis, dan mengangkat potensi investasi di Kota Solo.

Acara dibuka dengan pelepasan ratusan burung pipit, yang melambangkan harapan dan keberuntungan bagi para pelaku usaha dan pengunjung. 

Suasana semakin meriah dengan kedatangan gunungan berisi produk-produk UMKM lokal, yang menjadi bukti nyata keberagaman dan kreativitas wirausaha di Solo. 

Gunungan ini diarak oleh prajurit keraton Surakarta Hadiningrat serta empat tokoh Punakawan menuju panggung utama, menambah kental nuansa budaya lokal dalam pembukaan acara.

Tema yang diangkat untuk SGS 2024 adalah "Grebeg Investasi", menyoroti pentingnya investasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

"Dengan gelaran SGS ini kita berharap investasi di Kota Solo semakin meningkat," ujar Ferry S Indrianto saat ditemui di sela-sela acara.

Selama sepanjang gelaran SGS dari tanggal 1 hingga 31 Mei 2024, berbagai acara bertema investasi akan digelar, mulai dari seminar bisnis, lokakarya investasi, dan yang lainnya.

Dukungan penuh dari Kementerian Investasi/BKPM RI menjadi pendorong utama keberhasilan SGS 2024. 

Melalui kerja sama yang erat antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat, Solo terus bertransformasi menjadi pusat perdagangan yang dinamis dan inovatif.

"Kita berharap SGS bisa sejalan dengan program 17 pembangunan prioritas di Kota Solo. Sehingga nantinya bisa menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara," kata Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa dalam sambutannya.

SGS 2024 tidak hanya menjadi ajang belanja yang mengasyikkan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat hubungan antara pelaku usaha, mempromosikan keberagaman produk lokal, dan tentu saja, sebagai panggung bagi potensi investasi yang tak terbatas.

Dalam acara pembukaan yang bertajuk Parade Solo Great Sale "Grebeg Investasi" ini, ditampilkan arak-arakan para pelaku bisnis di Kota Solo yang mengusung puluhan gunungan berisi berbagai produk UMKM, makanan bahkan uang elektronik.

Puluhan gunungan itu diarak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Kota Solo, hingga tak ayal menarik antusiasme warga untuk memperebutkan isinya.

Satu demi satu gunungan yang sudah diarak melewati panggung utama, langsung diserbu warga hingga isinya ludes tak bersisa.

"Semoga SGS bisa mengangkat dan memgembangkan potensi daerah, sehingga terwujud aglomerasi yang bisa meningkatkan investasi. Dengan begitu maka dunia usaha di Kota Solo akan tumbuh termasuk sektor UMKM," jelas Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid. (*)

Editor : Langgeng Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network