One Way Arus Balik Mulai Diberlakukan dari GT Kalikangkung Hingga Tol Cipali

Arif Fajar
Pemberlakukan one way arus balik Lebaran 2024 dimulai dari GT Kalikangkung Semarang hingga Tol Cipali, pada Sabtu (13/4/2024) sore. (dok Humas Polda Jateng)

SEMARANG, iNewsMuria.id - 

One way arus balik Lebaran 2024 mulai diberlakukan  dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali, pada Sabtu (13/4/2024) mulai pukul 15.00 WIB. Selain itu diterapkan juga contra flow dan ganjil genap.

"Hari ini sesuai dengan rakor yang dilaksanakan di Km 70, kita sepakati mulai diberlakukan one way atau satu jalur," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat jumpa pers di GT Kalikangkung, Sabtu siang.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumaei membuka one way arus balik. Dengan pengawalan petugas, kendaraan dari Tol Kalikangkung mulai berjalan ke arah Jakarta tanpa hambatan.

Dimulainya kebijakan one way dihadiri juga sejumlah pejabat hadir diantaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, pejabat lainnya serta sejumlah Pejabat Utama Polda Jateng.

Sebelum pemberlakukan one way arus balik Lebaran 2024, dilaksanakan persiapan. Yakni dengan menjalankan sterilisasi jalur tol dari arah barat ke timur atau hingg GT Kalikangkung oleh petugas kepolisian dan dinas terkait.

"Sterilisasi kendaraan itu dilakukan oleh petugas sejak pukul 13.00 WIB. One way kita laksanakan pada pukul 15.00 WIB start dari GT Kalikangkung," terang Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan.

Selain sistem one way, Korlantas Polri juga akan menerapkan sistem contra flow hingga Km 47. Termasuk pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap juga akan diberlakukan.

Guna mengatur kecepatan kendaraan dalam batas aman saat contra flow, petugas juga akan melaksanakan patroli sepanjang jalur dengan interval 30 menit.

"Pembatas dan water barier pemisah jalur juga akan diperbanyak untuk menjaga keamanan dan keselamatan kendaraan di jalur contra flow," tambahnya.

Kakorlantas juga menghimbau masyarakat yang balik untuk tidak berhenti di bahu jalan saat beristirahat, namun memanfaatkan rest area dan pos polisi yang tersebar di sepanjang jalur baik tol maupun arteri.

"Faktor kelelahan juga berpotensi meningkatkan potensi pemudik mudah temperamental di jalan. Untuk itu dirinya meminta agar sesama pengguna jalan untuk menjaga toleransi dan saling menghormati pemakai jalan lainnya," tambahnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network