Satlantas Polres Grobogan Terapkan Materi Ujian Praktik SIM C Terbaru, Tak Ada Angka 8 dan Zig-Zag

Arif F
Pemohon SIM C menggunakan materi ujian praktik SIM C terbaru melewati lintasan S di lapangan praktik Satpas SIM Satlantas Polres Grobogan, Senin (7/8/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-

Satlantas Polres Grobogan mulai menerapkan materi ujian praktik SIM C terbaru untuk pemohon baru. Tak ada lagi lintasan angka 8 dan zig-zag dalam materi ujian praktik.

Sosialisasi penerapan materi ujian praktik SIM C terbaru tersebut terus dilakukan Satlantas Polres Grobogan. Hal itu terlihat pada Senin (7/8/2023) di lapangan praktik Kantor Satpas SIM Satlantas Polres Grobogan di Jl Bhayangkara, Purwodadi.

Kasatlantas Polres Grobogan AKP Deni Eko Prasetyo melalui Kanit Regident Ipda Sandi menyampaikan, bahwa sosialisasi tersebut dilakukan agar para pemohon mengetahui materi uji praktik SIM C terbaru.

"Jadi untuk materi ujian praktik SIM C terbaru untuk pemohon berbeda dengan materi yang lama. Yang baru tak ada lagi lintasan berbentuk angka 8 dan zig-zag yang sering dikeluhkan pemohon SIM C baru," jelasnya.

Para pemohon SIM C dijelaskan mengenai materi ujian praktik terbaru. Di mana pengendara motor bersiap di titik start dengan posisi motor menyala bertumpu pada kaki kiri. Kemudian melaju pelan melakukan pengereman dan berhenti di kotak Stop.

Di depannya ada kotak Yellow Box Junction kemudian melanjutkan belok kanan, pemohon harus menyalakan lampu sein kanan. Kemudian melintasi lintasan berbentuk hurus S setelah itu mengurangi kecepetan sebelum sampai di akhir lintasan berbentuk Y.

Pemohon memperhatikan arahan petugas di depan, kiri apa kanan barulah melaju ke depan sesuai arahan tersebut sambil menyalakan sein. Kemudian berhenti, sebagai tanda ujian praktik SIM C terbaru selesai. 

Menurut Kasatlantas, materi ujian terbaru tersebut setelah pimpinan Polri melakukan survei dan studi banding ke negara-negara tetangga. Kendati demikian materi ujian praktik SIM terbaru tetap bertujuan untuk keselamatan pengendara.


Kanit Reg Ident Satlantas Polres Grobogan Ipda Sandi menjelaskan materi ujian praktik SIM C terbaru kepada pemohon SIM, Senin (7/8/2023). (Arif F)

 

Ditambahkan Kanit Reg Ident Ipda Sandi, selain tidak ada lagi lintasan berbentuk angka 8 dan zig-zag, lebar lintasan ujian praktik terbaru juga lebih lebar. Jika semula hanya 2 kali lebar sepeda motor kini menjadi 2,5 lebar motor.

"Dengan sosialisasi materi ujian praktik SIM C terbaru, pemohon SIM bisa menyampaikan ke masyarakat yang sebelumnya ragu mengikuti ujian SIM C," katanya.

Salah seorang pemohon SIM, Muhammad Arifin, warga Kecamatan Grobogan mengatakan untuk materi ujian praktik SIM C terbaru lebih mudah dibandingkan materi ujian praktik yang lama.

"Tadi sudah menjalaninya, lebih mudah dibandingkan yang lama. Petugas juga menjelaskan materi ujian praktik SIM C terbaru ke pemohon sebelum menjalani ujian praktik," ujarnya. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network