PMI Asal Penawangan Grobogan Dikabarkan Meninggal Dunia di Taiwan

Arif F
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kabupaten Grobogan Teguh Harjo Kusumo. (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Gusri, Pekerja Migran Indonesia (PMI di kabarkan meninggal dunia. PMI asal Desa Winong, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan meninggal dunia di Tainan Municipal Hospital, Taiwan.

Kepala Dinas Tenaga Ketenagakerjaan dan Transmigrai (Disnakertrans) Kabupaten Grobogan Teguh Harjo Kusumo mengatakan telah menerima informasi mengenai PMI yang meninggal dunia di sebuah rumah sakit Taiwan.

“PMI tersebut berasal dari Desa Winong, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan atas nama Gusri, meninggal di Tainan Municipal Hospital, Taiwan pada 22 Juni 2023,” jelas Teguh, Rabu (19/7/2023).

Kepastian mengenai kabar meninggalnya PMI asal Desa Winong, Kecamatan Penawangan tersebut, menurut Kepala Disnakertrans Grobogan, setelah pihaknya menerima salinan surat mengenai informasi meninggalnya PMI tersebut.

“Disnakertrans Grobogan sudah menerima salinan surat yang diteken Kepala Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Iqbal S Shofwan,” kata Teguh.

Mengenai kronologi kematian dari PMI bernama Gusri tersebut, Teguh Harjo Kusumo menjelaskan bahwa yang bersangkutan ditemukan tidak sadarkan diri di mess pabrik yang berada di daerah Tainan, Taiwan sebelum dibawa ke rumah sakit.

“Jadi sebelum dibawa ke rumah sakit yang bersangkutan ditemukan tak sadarkan diri di mes pabrik. Informasi mengenai kepulangan jenazah dari Taiwan dilakukan pada Kamis (20/7/2023),” ujar Teguh.

Rencana jenazah Gusri dipulangkan dengan pesawat Cathay Pasific dari Bandara Taoyuan International Airport pada Kamis (20/7/2023) pukul 13.20 WIB (waktu Indonesia).

Pesawat yang membawa jenazah almarhum Gusri tidak langsung namun akan transit di Bandara Hongkong. Baru kemudian, jenazah diterbangkan ke Indonesia dan diperkirakan akan sampai di Bandara Soekarno Hatta pada 22.55 WIB.

“Dari Bandara Soekarno Hatta rencana langsung dibawa melalui jalur darat ke tempat tinggal almarhum di Grobogan. Kami akan datang ke rumah duka,” kata Teguh. 

Almarhum Gusri tinggal di lingkungan RT 004 RW 001 Desa Winong, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.

PMI atas nama Gusri, lanjut Teguh, berangkat ke Taiwan dengan jalur prosedural. Pihak agensi badan pengguna bertanggung jawab untuk membantu pemulangan jenazah sesuai dengan perjanjian kerja.

“Untuk sisa gaji akan dikirimkan ke rekening ahli waris di Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan juga akan membantu untuk mengurus klaim Jamsos BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Teguh. (*)

Editor : Arif F

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network