Logo Network
Network

Cara Indonesia Sukses Mempraktikkan Integrasi Nasional, Ini Kucinya

Redaksi
.
Selasa, 15 Maret 2022 | 14:17 WIB
Cara Indonesia Sukses Mempraktikkan Integrasi Nasional, Ini Kucinya
Mewujudkan Integrasi Nasional

KUDUS, iNewsMuria – Indonesia, seperti diketahui banyak orang, memiliki keanekaragaman hayati maupun manusianya. Mulai dari keanekaragaman sumber daya alam maupun budayanya seperti perbedaan suku, ras, agama.

Masyarakat Indonesia yang beragam umumnya dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi negara Indonesia. Dampak negatif yang dapat muncul bisa berupa konflik antar suku.

Maka dari itu, perlu adanya kesadaran bagi setiap masyarakat agar tidak terjadi adanya perpecahan. Untuk lebih mudahnya agar kesatuan negara ini tetap utuh, kita membutuhkan adanya syarat masyarakat madani berupa integrasi nasional.

Integrasi nasional berasal dari dua kata, yaitu “integrasi” dan “nasional”. Integrasi berasal dari bahasa Inggris, integrate, artinya menyatupadukan, menggabungkan, mempersatukan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, integrasi artinya pembauran hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Kata nasional berasal dari bahasa Inggris, nation yang artinya bangsa.

Vitalnya integrasi nasional bagi bangsa Indonesia maka sangat penting untuk mengetahui syarat integrasi nasional dalam menuju suatu kemakmuran berhasilnya suatu bangsa dalam mempertahankan integrasi nasionalnya.

Lantas apa saja syarat integrasi nasional? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

Follow Berita iNews Muria di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini