JAKARTA, iNewsMuria - Korea Creative Content Agency (KOCCA) bersama Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea menggelar K-Expo 2024. KOCCA berkolaborasi dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) sebagai co-host dalam acara ini.
Acara yang berlangsung pada 16-17 November 2024 di Hall A, Jakarta Convention Center (JCC) ini menampilkan Korea Fisheries Food Pavilion, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Korea, mendatangkan 20 perusahaan K-Seafood asal Korea Selatan. Perusahaan-perusahaan ini memperkenalkan berbagai produk unggulan, seperti olahan rumput laut, fish cake, bumbu khas Korea, frozen food, dan lain-lain.
K-Expo 2024 mencatat jumlah pengunjung mencapai 30.000 orang. Mereka datang untuk menikmati berbagai atraksi menarik sekaligus mengenal lebih dalam tentang produk unggulan Korea. Acara ini juga menjadi ajang bisnis penting, dengan kehadiran 32 buyer Indonesia yang mengikuti sesi business meeting. Hasilnya, tercapai 3 Memorandum of Understanding (MoU) antara perusahaan Korea dan Indonesia.
Adapun produk K-Seafood yang dipromosikan pada event ini telah memenuhi persyaratan sertifikasi halal sesuai edaran BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal). Hal ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa produk Korea dapat diterima di pasar Indonesia yang merupakan pasar halal terbesar di dunia.
Tidak hanya berfokus pada bisnis, K-Expo 2024 juga menghadirkan hiburan dan pengalaman interaktif bagi para pengunjung. Beberapa highlight di antaranya adalah penampilan memukau dari boy band Korea, BXB, yang menciptakan suasana meriah dan penuh antusiasme. Cooking class bersama Chef Jesselyn Lauwreen dari MasterChef Indonesia. Penampilan spesial dari Brisia Jodie, penyanyi berbakat Indonesia. Dan Noraebang bersama Sorijilleo.
K-Expo 2024 merupakan edisi perdana di Indonesia, melanjutkan jejak sukses acara sebelumnya di Hanoi, Vietnam (2022) dan Bangkok, Thailand (2023).
"Pasar Indonesia, sebagai pasar halal terbesar di dunia dengan 87% dari total populasi 280 juta orang, merupakan salah satu target utama ekspor makanan Korea. Sertifikasi halal menjadi langkah penting untuk menunjukkan keunggulan dan keamanan produk makanan Korea di pasar local,”ujar Kwon Oyub, Wakil Presiden Eksekutif Divisi Perdagangan & Industri Makanan, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT Center) kepada wartawan, di Jakarta, Jumat (22/11/2024).
Dengan meningkatnya popularitas K-Food, K-Content, dan budaya Korea di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, permintaan akan produk pertanian dan perikanan Korea diperkirakan terus tumbuh. Kolaborasi seperti ini memberikan peluang besar bagi kedua negara untuk saling memperkuat hubungan ekonomi dan budaya.
Melalui partisipasi di K-Expo 2024, Korea tidak hanya mempromosikan produk perikanan berkualitas tinggi tetapi juga memperkuat citra makanan halal Korea sebagai pilihan utama di pasar Indonesia.
Ke depannya, aT Center dan KOCCA berkomitmen untuk memperluas ekspor makanan Korea, mendukung pertumbuhan pasar lokal, serta memfasilitasi pertukaran budaya yang lebih erat antara Korea dan Indonesia, dengan makanan Korea sebagai pusatnya.
Editor : Langgeng Widodo