get app
inews
Aa Read Next : Glafidsya Raih Superbrands Award 2024, Reza Gladys dan Attaubah Mufid Kembali Torehkan Prestasi

Inovasi Membangun Negeri 2024: Apresiasi untuk Pemda dan Perusahaan yang Berinovasi

Senin, 23 September 2024 | 18:39 WIB
header img
Inovasi Membangun Negeri 2024: Apresiasi untuk Pemda dan Pelaku Usaha yang Berinovasi

JAKARTA, iNewsMuria - Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2024 kembali diadakan untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, pemimpin daerah, BUMN/BUMD, perusahaan swasta, dan tokoh nasional yang telah menciptakan inovasi yang berdampak signifikan bagi kemajuan bangsa. 

Ajang ini tidak hanya menjadi bentuk apresiasi, tetapi juga pengakuan atas dedikasi dan komitmen mereka dalam menciptakan kebijakan, transformasi, dan tindakan nyata yang membantu Indonesia bersiap menuju visi Indonesia Emas 2045.

Menurut Taufan E.N Rotorasiko, Direktur Utama tvOne, selaku penyelenggara, “Inovasi Membangun Negeri adalah penghargaan yang kami gagas untuk memberikan apresiasi bagi para tokoh, pemerintah, dan pelaku usaha yang telah banyak memberikan inovasi di berbagai bidang.”

Proses seleksi dilakukan dengan cermat melalui kerja sama dengan Universitas Bakrie sebagai lembaga independen untuk menjaga kredibilitas dan objektivitas penghargaan ini.

Berikut beberapa penerima penghargaan dan inovasi yang telah mereka kembangkan:

1. Pemerintah Kabupaten Konawe Utara – Inovasi di sektor Pendidikan dan Pertanian, melalui program beasiswa untuk mengatasi kesenjangan akses pendidikan serta program ketahanan pangan yang fokus pada pengurangan stunting.

2. Pemerintah Kota Jayapura – Berhasil mengalokasikan 23% dari APBD untuk sektor pendidikan dan terus meningkatkan pariwisata melalui pengembangan destinasi alam dan budaya.

3. PT HM Sampoerna Tbk. – Pemberdayaan UMKM yang berkelanjutan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), membantu UMKM bersaing di tingkat global.

4. Pemerintah Kabupaten Batanghari – Pengembangan infrastruktur dan kesehatan, termasuk pembangunan jalan sepanjang 140,14 km yang meningkatkan konektivitas desa dan kelurahan.

5. Pemerintah Kota Bitung – Program Bitung Smart City dan digitalisasi layanan kesehatan, pendidikan, serta moderasi beragama, memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat.

6. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk – Komitmen terhadap kesetaraan lingkungan kerja, dengan kebijakan inklusif yang mempekerjakan minimal 2% penyandang disabilitas.

7. Pemerintah Kota Makassar – Meraih penghargaan dari WHO sebagai salah satu kota sehat di Asia Tenggara, dengan berbagai inovasi di bidang kesehatan masyarakat.

8. PT Jasa Raharja – Transformasi digital yang mempercepat layanan publik dan menekan angka kecelakaan lalu lintas melalui sinkronisasi data kendaraan secara nasional.

Selain ke delapan penghargaan di atas, ajang apresiasi yang berlangsung pada Minggu, 22 September 2024, pukul 19.30 WIB ini juga memberikan apresiasi kepada 11 penerima penghargaan lain.

Di antaranya penghargaan kepada instansi, penghargaan juga diberikan kepada individu seperti Tas’an Wartono yang diakui sebagai Pemimpin Inovatif berkat kontribusinya dalam meningkatkan ketahanan masyarakat melalui program CSR. Begitu pula dengan Prof. Dr. (H.C.) Olly Dondokambey, S.E., yang memimpin pembangunan signifikan di Sulawesi Utara, menjadikan provinsi tersebut sebagai pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik.

Melalui penghargaan ini, diharapkan inovasi yang dilakukan oleh para pemimpin daerah, pelaku usaha, dan perusahaan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh lapisan masyarakat. Inovasi menjadi kunci penting dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, menciptakan solusi baru, dan mempercepat kemajuan Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Penghargaan ini juga diharapkan mendorong daerah-daerah lain untuk terus berinovasi demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa secara keseluruhan.

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut