get app
inews
Aa Read Next : Efek Diabetes pada Wanita Disebut Lebih Berat Dibanding Pria

Inovasi Pura Dukung Kesehatan Keluarga: Kecap Manis Tanpa Kedelai

Sabtu, 07 September 2024 | 18:36 WIB
header img
Pura menghadirkan inovasi baru kecap manis tanpa kedelai sebagai solusi alami dan sehat untuk keluarga dengan asupan makanan yang bebas dari bahan berisiko.

JAKARTA, iNewsMuria - Dalam upaya untuk mendukung kesehatan keluarga Indonesia, utamanya menekan angka diabetes, Pura menghadirkan inovasi baru kecap manis tanpa kedelai. Produk ini hadir sebagai solusi alami dan sehat untuk keluarga dengan asupan makanan yang bebas dari bahan berisiko. 

Momen peluncuran Pura Kecap Manis digelar secara daring dalam webinar sekaligus merayakan ulang tahun ke-7 Pura, pada Jumat (6/8/2024). Webinar tersebut turut menghadirkan narasumber Erwin Setiawan, S.T,P dari Anak Pangan Indonesia @anakpanganindonesia yang membawakan materi Kenali Nutrition Fact & Komposisi Produk Makanan Sekarang dan dr. Shane Tuty Cornish, CBS, IBCLC Medical Educator yang membahas Diabetes anak meningkat 70%, Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Diabetes pada Anak.

"Makanan ultra proses atau Ultra Processed Food (UPF) menghasilkan kalori ekstra dan berat badan meningkat. Hal ini disebabkan kepadatan kalori, rendah serat, tinggi lemak, gula, dan garam. Diet olahan ultra proses yang dikonsumsi secara signifkan lebih banyak sekitar 500 kalori per hari," kata Erwin dalam webinar.

Untuk itu, dia menyarankan agar mengonsumsi real food karena Indonesia sangat kaya akan bahan pangan. Sumber atau bahan pangan seperti umbi, daging, sayur, biji, ini merupakan sumber pangan lokal yang mudah ditemukan sehingga tidak ada alasan memilih UPF. 

Dia juga mengemukakan, setiap hari manusia bertemu dengan produk makanan yang mengalami UPF. Makanan ini sudah diubah dari bentuk aslinya, misalnya jus semangka atau nanas, diambil sarinya jadi konsentrat, kemudian juga snack sayuran. 

"Meski sayuran, itu tetap UPF karena mengandung pewarna, pemanis, pengemulsi, dan pengawet sehingga menimbulkan ketergantungan dan ketagihan," urainya. 

Erwin juga menyinggung produsen makanan kemasan yang industrinya dinilai kurang memperhatikan faktor keamanan dan kesehatan. 

"Kita sadar itu bisnis, meski demikian mereka juga harus menerapkan food protection: food safety dan food fraud, food perspective: nutrition values, thruthfull labeling, preferred taste, consistency, dan comfortmity : food regulation dan juga standar," ujarnya. 

Kemudian untuk mengurangi konsumsi gula pada anak, dia menyarankan untuk memperhatikan sarapan. Banyak anak-anak sarapan menyediakan sarapan yang kurang benar. 

"Ada yang menyiapkan sereal, roti dan susu, tetapi sebenarnya itu adalah gula gurih dan gula asin, itu yang kemudian membuat anak mengonsumsi gula dobel," katanya. 

Masih terkait diabetes, dr. Shane Tuty Cornish, CBS, IBCLC Medical Educator mengemukakan cara mencegah diabetes bisa dilakukan dengan menjaga berat badan ideal.

"Jika berat badan berlebih upayakan untuk menguranginya sekitar 5-10 persen dengan diet kalori dan rendah lemak, perbanyak makan buah dan sayur, kurangi minuman manis dan bersoda, aktif berolahraga selama setidaknya 30 menit dalam sehari, dan batasi penggunaan gadget," kata dr. Shane Tuty Cornish, dalam webinar.

Anak di atas dua tahun boleh diberi makanan ringan seperti bubur kacang hijau, buah, jajanan pasar, tetapi sebisa mungkin hindari makanan ringan yang mengandung gula tinggi. 

Anak sehat merupakan cerminan orangtuanya, sehingga orangtua harus memberikan contoh yang baik. 

"Yuk kita ubah dengan rutin olahraga, bergerak, dan makan makanan yang sehat." katanya. 

Lebih lanjut dia mengatakan bahaya dari komplikasi diabetes pada anak, yakni retinopati diabetik, glaukoma, katarak, kerusakan saraf, penyakit pembuluh darah yakni serangan jantung dan stroke, penyakit gusi, kerusakan gigi, infeksi dan masih banyak lagi. 

Terkait dengan kebutuhan itulah Pura kemudian meluncurkan kecap manis yang natural dan sehat, bebas allergen, sekaligus rendah gula dan kalori. 

“Pura Kecap Manis adalah inovasi yang telah kami persiapkan dengan matang untuk menjawab kebutuhan konsumen yang menginginkan produk yang lebih sehat tanpa mengorbankan rasa," ujar Chief Marketing Officer dari Pura, Monica Liando. 

“Kami percaya produk ini akan menjadi pilihan utama keluarga Indonesia yang peduli dengan kesehatan," imbuhnya. 

Sebagai informasi, Pura Kecap Manis tidak terbuat atau mengandung kedelai yang diklaim aman untuk dikonsumsi semua kalangan, termasuk mereka yang memiliki alergi atau intoleransi terhadap kedelai dan gluten. Produk ini dibuat dari 100% bahan alami, yaitu gula kelapa pilihan. 

Pura Kecap Manis menawarkan rasa manis yang otentik dengan kandungan gula dan kalori yang lebih rendah dibandingkan kecap manis konvensional. Kandungan gulanya sepenuhnya berasal dari gula kelapa alami, bukan gula buatan, sehingga memberikan rasa manis yang lebih sehat dan alami. 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut