get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Tim SIBAT Sumberagung Terbentuk, Mendapat Pelatihan SBM dan Antisipasi KLB

Jum'at, 06 September 2024 | 18:56 WIB
header img
Fasilitator Pelatihan dari PMI Grobogan Gesit Kristyawan menyampaikan materi kepada peserta pelatihan SIBAT di Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Grobogan. (dok PMI Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Relawan Desa yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Grobogan terbentuk.

Sebanyak 20 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan dari 12 dusun di Desa Sumberagung menjalani pelatihan sejak Selasa hingga Kamis (3-5/9/2024).

“Sudah terbentuk Tim SIBAT Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Grobogan dengan Koordinator Wasiman,” jelas Fasilitator Pelatihan dan Kepala Seksi Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan, Jumat (6/9/2024).

Pelatihan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat digelar oleh PMI Grobogan. Menurut Gesit,  Tim SIBAT merupakan garda terdepan dalam kegiatan pengurangan risiko bencana (PRB).

Peserta lanjutnya, mendapatkan materi terkait Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM). Hal ini agar Tim SIBAT mampu melakukan pemetaan dan mengendalikan penyakit yang bisa menyebabkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Jadi dengan materi SBM nantinya anggota SIBAT bisa menentukan aksi untuk setiap fase kajdian di wilayah atau dusun masing-masing di Desa Sumberagung,” kata Gesit. 

Tak hanya itu, peserta pelatihan SIBAT sambung Gesit, juga diajarkan menyusun perangkat KLB yang di dalamnya ada Perangkat Penyakit, Perangkat Aksi dan Perangkat Pesan. 

Untuk melakukan Surveiland Berbasis Masyarakat (SBM) anggota SIBAT juga di ajarkan terkait penggunaan perangkat untuk deteksi dini penyakit yang dinamai SATUSBM. 

"Apabila ada laporan dari masyarakat terkait gejala-gejala terkait penyakit yang diderita manusia maupun hewan, anggota SIBAT akan melakukan pelaporan melalui sistem yang sudah ada," ujar Gesit.

Selain SBM dan penanganan KLB, peserta juga mendapatkan materi antara lain Kepalangmerahan, Relawan PMI, Konsep Dasar KBBM, Pemetaan, VCA / PRA, dan Kesehatan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut