get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Penanganan Bencana, PMI Grobogan Gelar Pelatihan SIBAT di Sumbeagung Ngaringan

Selasa, 03 September 2024 | 23:50 WIB
header img
Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) digelar PMI di Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Grobogan, Selasa (3/9/2024). (dok PMI Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) digelar PMI Grobogan di Balai Desa Sumberagung, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan Selasa (3/9/2024).
 
Kegiatan pelatihan yang akan berlangsung hingga Kamis (5/9/2024) tersebut diikuti oleh 20 orang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan berasal dari 12 Dusun di Desa Sumberagung.

Untuk diketahui Tim SIBAT menurut Sekretaris PMI Grobogan Djasman, merupakan garda terdepan dalam kegiatan pengurangan risiko bencana (PRB), promosi kesehatan, dan perubahan iklim.

Sehingga penting bagi desa lanjut Djasman yang didampingi Bendahara PMI Moch Amin, memiliki relawan desa dalam hal in Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat.

“Sehingga ketika ada kejadian bencana maupun musibah, dengan adanya Tim SIBAT akan lebih cepat dan tanggap dalam penanganannya,” terang Djasman.

Apalagi mengingat potensi Desa Sumberagung, tambahnya, sangat banyak. Seperti kebun klengkeng, wisata Jowo Dhuwur, perkebunan jagung dan sebagainya.

Tak hanya dalam penanganan bencana berbasis masyarakat, keberadaan Tim SIBAT juga dalam melakukan pembuatan pupuk organik. Seperti POC, kompos dan eco enzym.

Sementara Kasi Pelayanan dan Kemitraan PMI Grobogan Gesi Kristyawan mengatakan, bahwa pembentukan Tim SIBAT akan terus dilakukan di beberapa desa.

Nantinya dalam pelatihan, lanjut Gesit, peserta mendapatkan materi antara lain Kepalangmerahan, Relawan PMI, Konsep Dasar KBBM, Pemetaan, VCA / PRA, dan Kesehatan.

“Juga Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat, Penyusunan SOP, Pertolongan Pertama, Surveilend Berbasis Masyarakat (SBM) dan pengendalian KLB,” terangnya.

Pelatihan SIBAT oleh PMI sudah dilakukan di Desa Cingkrong, Desa Putat, Desa Ngembak, Desa Wates Kedungjati, Desa Sumberagung. Kemudian rencana dalam minggu kedua bulan September 2024 di Desa Kronggen Brati. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut