get app
inews
Aa Read Next : Polda Jateng Ungkap Pengiriman Motor Tanpa Dokumen Resmi Alias Bodong ke Vietnam

Mudah! 4 Cara Masak Ikan Asin ini Bikin Renyah dan Tahan Lama

Selasa, 01 Maret 2022 | 16:32 WIB
header img
Ikan asin makanan khas Indonesia yang mudah dijumpai.

JAKARTA, iNews.id – Salah satu hidangan yang mudah dijumpai di Indonesia ialah ikan asin. Keberadaan ikan di kebanyakan wilayah di Indonesia itulah yang menjadi kegemaran masyarakat sekligus jadi makanan khas.

ikan ini memiliki rasa yang asin karena telah dilakukan pengawetan dengan garam. Biasanya ikan asin paling nikmat disantap dengan sambal dan lalapan.

Rasanya membuat lidah bergoyang. Ikan asin biasanya digoreng basah atau digoreng garing. 

Nah, kali ini jika Anda ingin mencicipi ikan asin yang memiliki tekstur krispi, memang perlu teknik khusus. Dengan demikian, ikan asin akan selalu renyah dan tidak alot. 

Dirangkum melalui Channel Youtube Mak Ros pada Sabtu (26/2/2022), ini cara mengolah ikan asin agar memiliki tekstur renyah dan tahan lama? Berikut ulasannya

  1. Rendam air panas

Ketika baru membeli ikan asin, jangan langsung dicuci menggunakan air biasa. Akan tetapi, Anda harus merendamnya terlebih dahulu menggunakan air panas selama kurang lebih 5 menit.


2. Beri tepung terigu

Supaya ikan asin terasa lebih krispi setelah digoreng, Anda harus menambahkan tepung terigu. Tidak usah banyak-banyak, cukup 10 sendok makan saja.

3. Beri penyedap rasa

Meski pada dasarnya ikan asin sudah memiliki citarasa yang asin, Anda harus tetap menambahkan penyedap rasa supaya ikan asin tersebut terasa gurih saat disantap.

4. Teknik penggorengan

Untuk membuat ikan asin terasa krispi dan awet, goreng ikan setelah minyak panas. Kemudian, goreng ikan sampai agak kekuningan saja. Karena nantinya ikan asin ini butuh digoreng dua kali. Untuk penggorengan kedua, usahakan agar menggunakan minyak yang baru supaya hasilnya bisa krispi.

Untuk gorengan kedua, Anda bisa menggorengnya hingga kuning keemasan, tapi jangan sampai gosong. Jika ikan asin disimpan di toples, maka bisa tahan hingga seminggu lebih
 

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut