get app
inews
Aa Read Next : Pilkada.AI Bantu Calon Kepala Daerah Susun Strategi dan Gaet Pemilih pada Pilkada 2024

Lembaga Arus Survei Indonesia Rilis Simulasi Pilkada Lombok Timur, Ini Hasilnya

Rabu, 31 Juli 2024 | 20:54 WIB
header img
Lembaga survei melakukan simulasi peta elektoral calon kepala daerah. (Ilustrasi/ist).

JAKARTA, iNewsMuria - Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil survei terkait peta elektoral Pilkada Kabupaten Lombok Timur 2024. Hasilnya, elektabilitas M. Syamsul Luthfi menempati urutan tertinggi dalam pertanyaan terbuka.

“Terkait top of mind elektabilitas calon Bupati Lombok Timur, berikut ini lima besar urutannya: M. Syamsul Luthfi (9,5%), Haerul Warisin (5,9%), Rumaksi (3,3%), Abdul Wahid (1,9%), dan Tanwirul Anhar (1,7%). Sementara yang tidak tahu/tidak jawab 73,2%,” kata Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia Ali Rif’an, melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (31/7/2024). 

Sementara untuk temuan pertanyaan tertutup, Ali Rif’an menjelaskan tidak banyak perubahan, elektabilitas HM Syamsul Luthfi tetap unggul dari nama-nama calon Bupati lainnya.  Elektabilitas Anggota DPR RI ini, berada di urutan teratas sebagai calon Bupati Lombok Timur. Yakni Syamsul Luthfi diangka (24,5%), Haerul Warisin (16,1%), Rumaksi (9,3%), Tanwirul Anhar (2,5%), dan Suryadi Jaya Purnama (2,0%). Sementara yang tidak tahu/tidak jawab 45,5%.

Adapun simulasi 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Lombok Timur, pasangan Luthfi-Wahid menempati posisi puncak elektabilitas dengan angka 24,3%, disusul pasangan Haerul Warisin-Edwin Hadiwijaya di angka 16,1% dan Rumaksi-Achmad Sukisman Azmy 6,4%. Sementara sisanya tidak tahu/tidak jawab 53,2%. 

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada tanggal 13-18 Juli 2024 di Kabupaten Lombok Timur, dengan populasi penduduk Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Wawancara survei dilakukan dengan cara tatap muka dengan metode Multistage Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 440 responden, dan margin of error(MoE) adalah +/- 4.8 % pada tingkat kepercayaan 95%. **

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut