get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Tim Sepak Bola Surojenggolo, Tim Kembangan Juara 1 Pordes I Kuwu

Senopati Juarai Kelas Utama Dalam Lomba Burung Berkicau Kapolsek Cup Purwodadi

Minggu, 21 Juli 2024 | 17:07 WIB
header img
Kapolsek Purwodadi AKP Dedy Setyanto menyerahkan tropi dan hadiah utama untuk juara kelas utama lomba burung berkicau Kapolsek Cup Purwodadi, di taman kuliner Simpang Lima Purwodadi, Grobogan, Minggu (21/7/2024). (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Senopati, berhasil menjadi juara pertama kelas Kapolsek Cup yang merupakan kelas utama dalam Lomba Burung Berkicau yang digelar Polsek Purwodadi di Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi, Minggu (21/7/2024).

Senopati merupakan nama burung murai batu milik Andika Bandar warga Kandangan, Purwodadi. Dalam lomba tersebut, murai batu milik Andika tampil dengan nomor peserta 16.

Kelas Kapolsek Cup Purwodadi merupakan kelas utama, diikuti 13 peserta. Di mana dari hasil penilaian empat juri independen, murai batu milik Andika masuk nominasi hingga akhirnya juri menentukan Senopati menjadi juaranya.

Atas prestasi tersebut, Senopati burung murai milik Andika berhak membawa pulang hadiah utama motor matik dan tropi yang diserahkan langsung oleh Kapolsek Purwodadi AKP Dedy Setyanto.

Kapolsek Purwodadi AKP Dedy Setyanto mengatakan, lomba burung berkicau tersebut merupakan rangkaian Hari Bhayangkara ke 78 dan juga untuk mewadahi para pehobi kicau mania.

“Ada 20 kelas yang dipertandingkan dalam lomba burung berkicau Kapolsek Cup Purwodadi ini. Jumlah peserta lebih dari 200 dari Grobogan dan luar kota,” jelas AKP Dedy.


Proses penjurian peserta lomba burung berkicau Kapolsek Cup Purwodadi di taman kuliner Simpang Lima Purwodadi, Grobogan. (Arif Fajar)

 

Kegiatan lomba burung berkicau Kapolsek Cup Purwodadi yang baru kali pertama digelar jajaran Polsek Purwodadi tersebut dihadiri Danramil Purwodadi dan Camat Purwodadi. 

Dalam kesempatan itu diadakan kegiatan baktu sosial berupa penyerahan paket sembako untuk pedagang di kawasan Taman Kuliner Simpang Lima dan juru parkir.

Sebelum kelas utama dipertandingkan tampil kelas murai batu, murai muda dan cucak hijau. Para pemilik yang menunggui burung kicauannya bertanding dengan setia menunggu di samping arena gantangan.

Kriteria Penilaian

Mereka pun tak mau tinggal diam, dengan mengeluarkan suara dan gerakan tertentu mencoba menyemangati agar burung kicauan mereka tampil prima sehingga layak menjadi juara.

Ketua Panitia Lomba Burung Berkicau Kapolsek Cup Purwodadi, Sigit mengatakan ada sejumlah kriteria penilaian dari para juri dalam lomba tersebut. 

“Kriteria penilaian adalah durasi kerja burung, irama lagu, gaya lagu dan power dari burung itu sendiri,” jelas Sigit.

Sementara Andika Bandar mengatakan perawatan Senopati sebenarnya sama seperti burung murai batu lainnya. Seperti diberi makanan jangkrik, dimandikan dan dijemur.

“Semoga kegiatan seperti ini sering diadakan di Grobogan. Agar temen-temen kicau mania bisa menyalurkan hobinya,” kata Andika. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut