get app
inews
Aa Read Next : Amin Rois Terpilih Sebagai Koordinator Presidium MD KAHMI Grobogan Periode 2024-2028

Masyarakat Grobogan Antusias Ikut Pendonoran Darah di Hari Donor Darah Sedunia 2024

Rabu, 19 Juni 2024 | 18:17 WIB
header img
Ketua PMI Grobogan Moh Sumarsono saat berbincang dengan peserta donor darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia di Kantor UDD PMI Grobogan, Rabu (19/6/2024). (dok PMI Grobogan)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Masyarakat Grobogan antusias mengikuti kegiatan pendonoran darah yang digelar Unit Donor Darah (UDD) PMI Grobogan saat memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2024, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan pendonoran darah yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB di Kantor UDD PMI Grobogan Jalan Piere Tendean No.5 A, Purwodadi, Grobogan akan berakhir pada pukul 20.00 WIB.

Tak hanya masyarakat umum, dari pantauan di lokasi, peserta donor darah juga diikuti anggota TNI, pegawai swasta maupun ASN, serta karyawan dari perbankan.

Setelah melalui pemeriksaan tekanan darah, Hemoglobin atau Hb, apabila hasilnya normal maka peserta bisa langsung menuju tempat tidur yang digunakan untuk pengambilan darah.

Menurut Kepala UDD PMI Grobogan dr Siti Rohmah Miratin apabila saat pemeriksaan awal, Hb calon pendonor darah tinggi maka disarankan untuk minum air putih dan menunggu sebentar.

“Namun apabila Hb rendah maka diminta kembali lagi seminggu kemudian. Ini menunjukan bahwa pendonor itu sehat karena menjalani pemeriksaan awal,” jelas Siti.

Selain itu, setelah darah diambil nantinya juga dilakukan pemeriksaan atau pengelolaan darah. Dari proses itu, lanjutnya, akan diketahui kondisi kesehatan dari pendonor.

Lebih lanjut, Kepala UDD PMI Grobogan dr Siti mengatakan, untuk target dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2024, adalah 400 kantong atau naik dibanding tahun 2023, 300 kantong.

Dikatakan Siti, untuk pelaksanaan pendonoran darah tahun ini memang mundur. Karena Hari Donor Darah Sedunia diperingati pada 14 Juni setiap tahunnya, tapi tahun ini pada 19 Juni 2024.

“Salah satu pertimbangannya, karena menjelan Idul Adha ada yang menjalankan ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah,” ujar Siti.

Maka kemudian dipilih 19 Juni setelah Idul Adha, lanjut Siti, di mana masyarakat habis mengonsumsi daging. Sehingga dengan ikut kegiatan ini diharapkan bisa sehat sekaligus peduli dengan sesama.

Untuk kegiatan donor darah memeringati Hari Donor Darah Sedunia tahun ini, sambung Siti, pihaknya berharap target 400 kantong darah bisa tercapai. Karena pihaknya sudah sosialisasi.

“Untuk yang sudah mendonorkan darahnya, kami mengucapkan terima kasih. Karena memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. Semoga semuanya sehat,” tambah Siti. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut