get app
inews
Aa Read Next : Penerbangan Haji Embarkasi Solo Rampung, Jamaah Terakhir Mendarat Di Adi Soemarmo Dapat Bunga Mawar

35.977 Calon Jamaah Haji Terbang dari Bandara Adi Soemarmo

Senin, 13 Mei 2024 | 08:43 WIB
header img
Calon Jamaah Haji terbang dari Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Minggu (12/5/2024).

BOYOLALI,iNewsMuria.id-Sebanyak 35.977 calon jamaah haji terbang melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Mereka yang berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut kata General Manager Bandara Adi Soemarmo, Erick Rofiq Nurdin, terbagi dalam 100 kloter dan
diberangkatkan dari embarkasi Solo.

“Guna mendukung kelancaran pemberangkatan calon jemaah haji, kami melakukan penyesuaian jam operasional bandara yang semula 12 jam menjadi 24 jam," Erick dalam siaran pers, Minggu (12/5/2024). 

Dikatakan, calon jemaah haji embarkasi Solo akan terbang menuju Arab Saudi mulai 12 Mei hingga 10 Juni 2024 mendatang. Adapun 4 kelompok terbang (kloter) calon jemaah haji yang berangkat pada penerbangan pertama dari Kabupaten Magelang dan Temanggung.

Kloter 1 sampai kloter 37 diterbangkan langsung dari Bandara Adi Soemarmo menuju Bandara 
Pangeran Mohammad bin Abdulaziz, Madinah. Sementara kloter 38 hingga kloter 100 akan mendarat di 
Bandara King Abdulaziz, Jeddah. Adapun untuk kepulangan, dijadwalkan pada 22 Juni 2024 hingga 21 Juli 
2024.

Sebagai salah satu pelaksana pelayanan penyelenggaraan ibadah haji dengan kloter terbanyak, lanjut Erick, tahun ini Bandara Adi Soemarmo juga dilengkapi fasilitas fast track “Mekkah Route” yang merupakan kerja sama Kementerian Agama Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi.

Phak bandara juga telah berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait seperti 
Otoritas Bandara Wilayah III, Kementerian Agama, TNI/Polri, Perum LPPNPI, Kantor Imigrasi, Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Garuda Indonesia, Gapura Angkasa, Perum Damri, dan lainnya.

Menurut Erick Rofiq Nurdin, koordinasi itu untuk memastikan penerbangan haji tahun ini berjalan lancar dengan mengedepankan prinsip keselamatan, 
keamanan, dan pelayanan.

"Kami juga memastikan bahwa seluruh infrastruktur serta fasilitas baik air side maupun land side Bandara Adi Soemarmo mumpuni untuk mendukung operasional penerbangan haji tahun ini," kata Erick.

Pihak bandara juga menempatkan personel Avsec beserta peralatan pendukungnya untuk memeriksa keamanan penumpang beserta barang bawaannya di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

"Kami senantiasa berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik demi mendukung kelancaran perjalanan para calon seluruh jemaah haji embarkasi Solo menuju Tanah Suci hingga nanti kembali ke tanah air," kata Erick.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut