get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Unik, Ada Robot Polisi di Pos Sinergitas TNI Polri Simpang Lima Purwodadi

Sabtu, 06 April 2024 | 14:50 WIB
header img
Robot Polisi Patlabor menyapa pengguna jalan dan anaknya yang melintas di dekat Pos Sinergitas TNI Polri dan Museum Edukasi di Bundaran Simpang Lima Purwodadi, Grobogan. (Arif Fajar)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Keberadaan Robot Polisi di Pos Sinergitas TNI Polri bundaran Simpang Lima Purwodadi cukup menyedot perhatian pengguna jalan yang melintasi lokasi tersebut.

Apalagi pada malam hari, akan terlihat jelas beberapa gambar robot berukuran cukup besar berada di samping kiri dan kanan Museum Edukasi dari Sat Lantas Polres Grobogan.

Ditambah lagi ada replika robot polisi mengambil tokoh anime Jepang bernama Patlabor berdiri gagah di depan museum edukasi yang letaknya di samping utara Pos pelayanan mudik dan balik Lebaran 2024 itu.

Menurut Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono melalui Kanit Gakkum Ipda Sandi Widianto, pembuatan museum edukasi dengan menampilkan replika Robot Polisi agar masyarakat tertarik.

Uniknya Patlabor ini bisa menjadi kostum sehingga ketika ada anggota polisi yang memakainya, maka robot polisi ini bisa berjalan dan tangannya digerakan layaknya robot sungguhan.

Itulah yang terjadi pada Jumat (5/4/2024) petang ketika Polres Grobogan membagikan takjil bagi pengguna jalan yang melintas di depan Pos Sinergitas TNI Polri dan Musesum Edukasi.


Bagian dalam Museum Edukasi yang berada di samping Pos Sinergitas TNI Polri di Bundaran Simpang Lima Purwodadi, Grobogan. (Arif Fajar)

 

Robot Polisi yang diambil dari tokoh anime Jepang, Patlabor ini berjalan dan menyapa para pengguna jalan yang berhenti untuk menerima takjil dari Polres Grobogan.

Bahkan beberapa pengendara sepeda motor yang membawa anak kecil menyempatkan berhenti untuk berfoto bersama Patlabor. Mereka pun bisa berinteraksi dengan robot polisi tersebut.

Anak-anak pun tampak senang ketika mereka bisa berfoto dengan robot polisi Patlabor bahkan tak jarang ada yang meminta bersalaman. Salah satu pengendara motor yang membawa anaknya Desi, mengungkapkan perasaannya.

“Iya anak saya senang makanya tadi langsung belok agar bisa lebih dekat dengan robot polisi ini. Sempat salaman juga, anak saya senang,” ujar Desi.

Dijelaskan Ipda Sandi keberadaan robot polisi tersebut untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat dan memberikan pelayanan yang humanis. Pemudik yang ingin istirahat di Posko Sinergitas bisa juga beswafoto dengan Patlabor.

Sedangkan di dalam Museum Edukas, lanjutnya, di dalamnya berisi seragam kepolisian, peralatan polisi mulai, rambu-rambu, perpustakaan hingga foto-foto Kapolri sejak awal.

Dari deretan foto-foto Kapolri tersebut di bagian tengahnya ada foto cukup besar dari Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso Kapolri ke-5 (1968-1971) yang dikenal sebagai polisi jujur. 

"Masyarakat atau pemudik silahkan berfoto dengan robot polisi atau masuk mengunjungi Museum Edukasi," pungkas Ipda Sandi. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut