get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Operasi Keselamatan Lalu Lintas, Polres dan Dishub Grobogan Lakukan Ramp Check

Rabu, 06 Maret 2024 | 18:00 WIB
header img
Sat Lantas Polres Grobogan dan Dishub Grobogan menggelar ramp check dalam Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 di Terminal Purwodadi, Rabu (6/3/2024). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 yang juga digelar Polres Grobogan sejak 4 Maret 2024 tidak hanya sekadar penindakan pelanggaran, namun juga pencegahan.

Salah satu upaya pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas atau lakalantas dalam Operasi Keselamatan tersebut adalah ramp check kendaraan bus di Terminal Purwodadi, Rabu (6/3/2024).

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono melalui Kaur Bin Ops (KBO) Sat Lantas Iptu Dudy mengatakan, kegiatan kali ini difokuskan pada bus antara kota dalam provinsi (AKDP).

Selain pengecekan kondisi bus AKDP yang ada di Terminal Purwodadi, Bidang Dokkes Polres Grobogan juga menggelar cek kesehatan untuk 10 pengemudi bus AKDP.

"Kegiatan ini guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dengan memastikan bahwa semua armada bus dalam kondisi aman, nyaman dan layak beroperasi," kata Kasat Lantas.

Mengenai hasil ramp check yang dilaksanakan Dishub dan Sat Lantas Polres Grobogan, menurut Kasat Lantas ada beberapa temuan terkait kelayakan kendaraan. Yakni dtemukan dua bus yang lampu sign mati.

"Ada 10 kendaraan bus AKDP yang dicek, dua di antaranya lampu sign -nya mati, kami wajibkan untuk segera mengganti,” tegas Kasat Lantas melalui KBO didampingi Kanit Kamsel Ipda Moch Agus Salim.


Pengemudi bus AKDP yang kendaraannya laik jalan dan surat-surat lengkap mendapat apresiasi paket sembako. (Istimewa)

 

Selain mengecek kondisi kendaraan, dalam kegiatan ramp check tersebut petugas juga memeriksa kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK serta buku KIR. 

"Kami imbau untuk tertib menjalani uji kir, dan membayar pajak. Jika sudah waktunya segera dibayarkan," ujar Kasat Lantas melalui KBO Sat Lantas Polres Grobogan.

Menariknya, bagi para pengemudi bus yang sudah sesuai dengan ketentuan, seperti kelengkapan surat langsung mendapatkan apresiasi dengan pemberian sembako dari petugas.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 menurut Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan akan dilaksanakan Polres Grobogan selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut