get app
inews
Aa Read Next : Pilkada 2024, Bacabup Grobogan Bambang Pujiyanto Sebut Bacawabup Mengerucut Dua Orang

Sup Ikan Laut Pindang Serani, Dicatatkan ke Museum Rekor Indonesia

Selasa, 23 Januari 2024 | 20:30 WIB
header img
Pindang serani.

JEPARA,iNewsMuria.id-Pindang serani merupakan salah satu makanan khas masyarakat pantai utara atau pantura, khususnya sisi timur, Jepara.

Pindang serani adalah sup ikan laut, rasanya khas, karena memadukan rasa pedas, dan asam manis. Biasanya untuk santap siang.

Konon, sup pindang serani untuk suguhan bagi para tamu para penggede di Jepara, namun sekarang banyak disantap masyarakat luas.

Kini Pemerintah Kabupaten /Pemkab Jepara mengangkat kuliner lokal tersebut. Sebanyak 9.200 porsi sup pindang serani bakal dicatatkan di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Selain mengangkat potensi lokal, dari kegiatan itu juga bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Apalagi Jepara merupakan wilayah pesisir yang kaya potensi perikanan.

”Gemar makan ikan atau konsumsi ikan juga menjadi salah satu upaya pemenuhan gizi untuk menekan angka stunting di Jepara,” kata Asisten 2 Sekda Jepara Hery Yulianto.

Kepala Dinas Perikanan Jepara Farikhah Elida mengatakan, rekor Muri sajian pindang serani dilaksanakan di Pantai Bandengan Jepara Kamis (25/1/2024). 

Kegiatan itu diikuti masyarakat umum, perangkat daerah, camat, dan petinggi desa. "Kita juga bekerja sama dengan para cheff di Jepara," katanya.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut