get app
inews
Aa Read Next : Trabas Kamtibmas di Kudus, Irjen Ahmad Luthfi : Wujud Soliditas Polda Jateng dan Masyarakat

Pastikan Kenyamanan dan Keamanan Wisatawan Saat Nataru, Kapolda Jateng Cek Objek Wisata

Selasa, 26 Desember 2023 | 18:24 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan objek wisata Kedung Ombo, di Kabupaten Grobogan terkait pengamanan libur Nataru, Selasa (26/12/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2023, Polda Jateng mendirikan Pos Pengamanan di 31 lokasi wisata di Jawa Tengah yang selama ini menjadi favorit wisatawan.

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi melaksanakan kunjungan asistensi di salah satu objek wisata di Jawa Tengah pada Selasa 26 Desember 2023.

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu menyebut Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melaksanakan kunjungan untuk memastikan kegiatan wisata masyarakat selama libur Nataru berjalan aman dan lancar 

“Kapolda Jateng melakukan kunjungan asistensi pengamanan dalam rangka liburan Natal dan Tahun Baru 2023 di tempat wisata Waduk Kedungombo, Kabupaten Grobogan,” jelas Kabidhumas Polda Jateng dalam rilisnya.

Kunjungan asistensi pengamanan selama libur Nataru tersebut, lanjut Kabidhumas, Kapolda Jateng didampingi sejumlah PJU Polda dan Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan. 

Kapolda Jateng dalam kegiatan itu memberikan arahan terkait  sistem pengamanan yang telah diterapkan. Antara lain kesiapan personel, pos pengamanan dan pelayanan, serta koordinasi antar instansi yang terlibat. 

"Juga kelaikan sarana di tempat wisata serta teknis pelaksanaan patroli yang dilakukan guna mencegah terjadinya tindak kriminal dan kecelakaan yang dialami oleh wisatawan," tambahnya.

Berdasar data, diketahui Provinsi Jawa Tengah memiliki objek wisata sebanyak 1.130 terdiri dari 418 Wisata Alam, 175 Wisata Budaya, 365 Wisata Buatan, 76 Wisata Minat Khusus dan 96 daerah tujuan lainnya.

"Untuk lokasi-lokasi wisata lain juga dilakukan pengamanan namun dilaksanakan berdasar skala prioritas dan perkiraan kerawanan kamtibmas," kata Kabidhumas Polda Jateng.

Menurutnya, Polda Jateng bersama stake holder terkait berkepentingan agar pada masa libur Nataru tidak terdapat insiden menonjol dan perjalanan wisata masyarakat berjalan aman serta lancar.

"Tidak hanya pengamanan tempat ibadah. Kita juga ingin memastikan bahwa masyarakat dapat menikmati liburan dengan aman dan tenteram," ujar dia.

Kabidhumas mengimbau masyarakat yang  berkunjung ke tempat wisata agar tetap mematuhi aturan dan petunjuk keamanan yang telah ditetapkan. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut