get app
inews
Aa Read Next : Kerja Sama dengan PT KAI, Gusti Bhre : Sejarah Masa Lalu Tak Hanya Kenangan tapi Aset Masa Depan

Natal dan Tahun Baru 2023/2024, Perjalanan KRL Solo-Yogya Ditambah Menjadi 30 Kali/Hari

Sabtu, 23 Desember 2023 | 06:47 WIB
header img
Anne Purba.

SOLO,iNewsMuria.id-Sejumlah persiapan dilakukan KAI Commuter untuk mengantisipasi kemungkinan meningkatnya pengguna jasa di sejumlah stasiun, baik dari segi operasional, sarana hingga fasilitas layanan pengguna pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini

Khusus di wilayah VI Yogyakarta pada masa angkutan Nataru ini, KAI Commuter akan mengoperasikan 30 perjalanan Commuter Line / kereta rel listrik (KRL) setiap hari, mulai 21 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Dengan penambahan 10 perjalanan pada hari kerja dan 6 perjalanan pada akhir pekan.

"Diprediksi jumlah pengguna Commuter Line Yogya-Solo pada musim Nataru tahun ini adalah 365 ribu  atau 11% lebih tinggi dari tahun sebelumnya di angka 330 ribu orang," kata VP Corporate Secretary
KAI Commuter Anne Purba di Stasiun Balapan Solo.

Untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta - Kutoarjo PP,  pihaknya memprediksi mobilisasi pengguna pada Nataru tahun ini sebesar 50 ribu orang, atau naik 17% jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42 ribu orang.

"Namun kami tidak melakukan penambahan perjalanan dan tetap mengoperasikan 8 perjalanan setiap harinya," kata Anne Purba. 

Sementara itu dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2023-2024, KAI Commuter menyiagakan 205 orang petugas. diantaranya 162 sebagai Security Stasiun dan Aset, 39 sebagai Security di atas KA, 2 POLRI dan 2 operator Rescue, petugas Passenger Service (PS) dan Announcer yang akan membantu dan mengarahkan para pengguna.

"KAI Commuter mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian menggunakan Commuter Line dan Commuter Line Lokal Prameks utamakan keselamatan dan selalu ikuti arahan petugas," kata Anne. 

"Pengguna yang membawa anak-anak, pastikan selalu dalam pengawasan dan penjagaan orang tua atau pendamping selama perjalanan." 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut