Logo Network
Network

Kerja Sama dengan PT KAI, Gusti Bhre : Sejarah Masa Lalu Tak Hanya Kenangan tapi Aset Masa Depan

Langgeng Widodo
.
Senin, 04 Desember 2023 | 16:39 WIB
Kerja Sama dengan PT KAI, Gusti Bhre : Sejarah Masa Lalu Tak Hanya Kenangan tapi Aset Masa Depan
KGPAA Mangkunegoro X memberi sambutan usai penandatanganan MoU antara PT KAI Commuter dengan Bank Mandiri di Pura Mangkunegaran Solo, Minggu (3/12/2023)

SOLO,iNewsMuria.id-Sejarah perkeretaapian di Kota Solo tidak lepas dari Pura Mangkunegaran. Di masa lalu, hubungan Mangkunegaran dengan kereta api terlihat dalam pembangunan Stasiun Balapan dan Stasiun Purwosari Solo.

"Sejarah masa lalu tidak hanya kenangan tapi juga aset masa depan," kata Adipati Mangkunegaran Surakarta KGPAA Mangkunegoro X.

"Saat ini, sejarah itu menjadi modal untuk menghasilkan karya baru di Pracima Tuin dalam gelaran Mangkunegaran Garden Orchestra."

"Pracima adalah wadah kebudayaan bersama. Ini pengalaman unik yang dibalut budaya, kenapa orkestra karena setiap zaman ada terobosan baru," pungkas Gusti Bhre, begitu dia akrab disapa.

Hal itu dikatakan ketika memberi sambutan sebelum pergelaran Twilite Orchestra bersama Addie MS di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran Solo. Event bertema Mangkunegaran Garden Orchestra itu untuk sosialisasi aplikasi C-Access, yang sebelumnya diluncurkan.

Peluncuran aplikasi C-Access oleh PT KAI Commuter di Mangkunegaran, Minggu (3/12/2023) itu ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dalam kolaborasi PT Bank Mandiri (Persero) dalam aplikasi Livin by Mandiri.

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, Kereta Api Indonesia (KAI) grup yang diwakili KAI Commuter  berkolaborasi dengan Bank Mandiri dan sekaligus melakukan event di Mangkunegaran.

"Kolaborasi antar BUMN akan terus dibangun. PT KAI akan terus bertransformasi dan kolaborasi serta bersinergi dengan semua kalangan untuk transportasi massal," kata Didiek, usai menyaksikan tanda tangan MoU.

Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menambahkan, MoU ini merupakan kolaborasi digitalisasi sebagai meningkatkan layanan Commuter Line.

“Dengan MoU ini para pengguna Commuter Line diberi kemudahkan dalam menggunakan transportasi public khususnya Commuter Line," kata Asdo, usai menandatangani MoU.

Dikatakan, jika dulu KRL Access hanya bisa digunakan masyarakat yang hanya menggunakan KRL, tapi dengan C-Access, semua yang ada di Bandung, Jogja, Surabaya Jawa Timur bisa menggunakan aplikasi ini. 

"Dengan perkembangan ini kita ingin membangun layanan yang mendekatkan kepada pelanggan," jelasnya.

Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri Hendra Wahyudi, menambahkan kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap industri transportasi di Indonesia.

“Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan layanan yang terintegrasi tidak hanya dalam sistem pembayaran namun juga lifestyle melalui sinergi antara super app C-Access dan Livin’ by Mandiri," kata Hendra.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini