get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Selamatkan Sumber Air di Sendang Sinawah PDAM Grobogan dan KPH Purwodadi Tanam 370 Bibit Pohon

Selasa, 12 Desember 2023 | 15:03 WIB
header img
Direktur PDAM Myra Heltyani melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Sendang Sinawah, Kronggen, Kecamatan Brati, Grobogan, Selasa (12/12/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Perbaiki lingkungan sekitar sumber air Sendang Sinawah, Desa Kronggen, Kecamatan Brati, PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan bersama KPH Purwodadi menanam 370 bibit tanaman keras, pada Selasa (12/12/2023).

Sendang Sinawah yang merupakan salah satu sumber air di kawasan Perhutani KPH Purwodadi berada di petak 66 C Resort Pemangkuan Hutan (RPH ) Sinawah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jatipohon dan merupakan kawasan perlindungan setempat.

Direktur PDAM Myra Heltyani mengatakan kegiatan penanaman 370 bibit pohon merupakan salah satu rangkaian HUT ke 37 PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan. Juga sebagai upaya memperbaiki lingkungan sekitar Sendang Sinawah, Kronggen, Brati.

Apabila bibit pohon yang ditanam tumbuh besar, lanjut Myra, maka lingkungan Sendang Sinawah diharapkan bisa berkembang menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Grobogan. Pohon-pohon tersebut juga bisa menjadi sumber resapan air di sekitarnya.

"Sehingga diharapkan dapat menjaga keberlangsungan sumber-sumber mata air yang dibutuhkan masyarakat, serta merehabilitasi lingkungan sekitar  Sendang Sinawah. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat," jelas Direktur PDAM Grobogan.


Jajaran PDAM Grobogan dan KPH Purwodadi berfoto bersama Asisten II Setda Grobogan Heru Dwi Cahyono seusai penanaman bibit pohon di Sendang Sinawah, Selasa (12/12/2023). (Istimewa)

 

Selain penanaman bibit pohon, rangkaian HUT PDAM Grobogan juga dilakukan pemberian bantuan sembako kepada LMDH Bangun Wana Raharja dan masyarakat di sekitar Sendang Sinawah, serta pembelian souvenir karya anak-anak TK Tunas Rimba Sambirejo, Kecamatan Wirosari.

Sementara Adm KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan menyebutkan 370 bibit pohon yang ditanam bersama PDAM Grobogan di lingkungan Sendang Sinawah tersebut terdiri dari Beringin, Trembesi, Gayam, Pucung, Pule, Alpukat, Sirsat, dan Karet Merah.

Menurut Adm KPH Purwodadi Untoro tujuan dari kegiatan penanaman 370 bibit pohon untuk melestarikan kawasan hutan dan menjaga kelestarian di wilayah Sendang Sinawah yang merupakan salah satu dari 22 mata air yang ada di kawasan hutan Perhutani.

"Saat ini terdapat 22 sumber mata air di wilayah Perhutani yang masuk KPH Purwodadi. Di mana 3 mata air sudah dikerjasamakan dengan PDAM Purwa Tirta Dharma Grobogan untuk kebutuhan masyarakat," tambah Adm KPH Purwodadi Untoro Tri Kurniawan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut