Logo Network
Network

Satu Rumah Roboh dan Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang dan Hujan di Grobogan

Arif Fajar
.
Senin, 04 Desember 2023 | 14:42 WIB
Satu Rumah Roboh dan Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang dan Hujan di Grobogan
Warga membersihkan puing-puing rumah yang roboh diterjang angin di Desa Temon, Kecamatan Brati, Grobogan, Senin (4/12/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Hujan disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Grobogan pada Minggu (3/12/2023) sore menyebabkan satu rumah roboh dan beberapa pohon tumbang menimpa rumah dan menutupi jalan.

“Pada hari Minggu (3/12/2023) sekitar pukul 16.45 WIB terjadi hujan di sertai angin kencang di Kecamatan Godong, Kecamatan Klambu dan Kecamatan Brati,” jelas Kalak BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, Senin (4/12/2023).

Akibat hujan disertai angin kencang tersebut, lanjut Endang, satu rumah milik Nuriyah di Dusun Ngrigo, Desa Temon, Kecamatan Brati, roboh. Warga kemudian bekerja bakti membersihkan puing-puing rumah.

Selain itu angin kencang juga menyebabkan  satu pohon tumbang di Desa Kemloko, Kecamatan Godong dan menutup akses jalan Godong – Karangrayung serta kabel jaringan.

“Arus lalu lintas sempat tersendat, anggota TRC BPBD Grobogan melakukan pemotongan pohon, Sehingga arus lalu lintas kembali lancar,” kata Endang.

Angin kencang juga menyebabkan lima pohon jati tumbang dan menimpa rumah guru Tri Henny Ariyanti di Dusun Pesantren, Desa/Kecamatan Klambu. Lalu satu pohon trembesi menimpa dapur rumah Busman di Desa Karangrejo, Klambu.

Untuk lima pohon jati yang menimpa rumah Tri Heny, sambungnya, sudah dievakuasi oleh TRC BPBD Grobogan. Rumah milik guru PPPK tersebut mengalami rusak ringan.

Sedang pohon trembesi yang roboh diterjang angin kencang di Desa Kandangrejo, Klambu menimpa rumah bagian belakang atau dapur milik Busman. Pohon tersebut, lanjutnya juga sudah dievakuasi TRC BPBD Grobogan.

Menurut Kalak BPBD Grobogan, proses evakuasi pohon selain oleh TRC juga dibantu anggota TNI, Polri, Satpol PP Kecamatan Klambu, Pemerintah Desa setempat, sukarelawan Senkom, LPBI NU dan warga setempat.

Dengan adanya kejadian tersebut Kalak BPBD Grobogan mengimbau warga agar tetap waspada. Mengingat awal musim hujan sering terjadi angin kencang yang dapat menyebabkan rumah roboh dan pohon tumbang. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini