get app
inews
Aa Read Next : Atlet Karate Grobogan Targetkan 6 Medali Emas pada Ajang Popda 2024

Bara Tungku Dapur Sambar Kayu Bakar, Kandang dan Sapi di Karangrayung Terbakar

Rabu, 25 Oktober 2023 | 17:23 WIB
header img
Kandang sapi milik Tulus Pujiono di Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, Grobogan terbakar, Rabu (25/10/2023). Penyebabnya api tungku. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Kandang beserta seekor sapi milik Tulus Pujiono (56) di Dusun Mendalan, Desa Mojoagung, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan ludes terbakar, Rabu (25/10/2023).

“Akibat kebakaran itu kandang dan satu ekor sapi milik korban tak bisa diselamatkan. Pemilik menderita kerugian sekitar Rp30 juta,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Karangrayung Iptu Sutarjo.

Peristiwa kebakaran tersebut menurut keterangan korban, pagi itu ia tengah memasak kepala kambing di dapur yang berhimpitan dengan kandang sapi. Setelah memasak menggunakan tungku, korban keluar cari rumput.

Saat itu rumah dalam kondisi kosong karena istri Pujiono sedang ke pasar. Sekira pukul 07.15 WIB, Sutik (43) dan Lestari (38) tetangga korban melintas di depan ruman Pujiono. Saat itulah saksi melihat ada kepulan asap dari bagian belakang rumah korban.

Saksi juga melihat api di bagian belakang atau kandang sapi milik korban sehingga langsung berteriak kebakaran dan minta tolong. Warga yang mendengar teriakan tersebut segera berdatangan untuk memadamkan api.

Menurut Kapolsek Karangrayung, warga dengan menggunakan air yang berasal dari penampungan air (Torn) di samping tempat kejadian kebakaran berupaya memadamkan api yang membakar kandang sapi korban.

“Namun api yang sudah terlanjur membesar terlah membakar kandang, sapi milik korban senilai Rp15 juta tak bisa diselamatkan. Total kerugian Rp30 juta,” kata Iptu Sutarjo.

Anggota Polsek Karangrayung yang datang ke lokasi kejadian segera melakukan olah tempat kejadian perkara. Menurut Iptu Sutarjo, hasil olah TKP penyebab kebakaran diduga dari tungku yang masih menyala.

“Ada batang kayu yang masih menyala menyambar kayu bakar di dekatnya kemudian merembet ke kandang sapi,” tambah Kapolsek Karangrayung Iptu Sutarjo.

Adanya kejadian tersebut, Iptu Sutarjo mengingatkan kepada masyarakat di Karangarayung untuk selalu mengecek sumber api, baik itu kompor maupun tungku sebelum meninggalkan rumah. Hal ini untuk mencegah terjadinya kebakaran. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut