get app
inews
Aa Read Next : Cari Biawak, Warga Wirosari Temukan Mayat Pria di Sungai Lusi Tersangkut Ranting Bambu

Meriah, Kirab Budaya Haul Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto di Wirosari Grobogan

Senin, 18 September 2023 | 07:12 WIB
header img
Kirab budaya digelar warga Desa Karangasem, Kecamatan Wirosari, Grobogan menuju makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto. (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Nguri-nguri budaya dilakukan warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Sebagai upaya penghormatan kepada tokoh agama setelah warga menggelar kirab budaya.

Kirab budaya tersebut dalam rangka Haul ke 29 Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto. Serta bentuk penghormatan masyarakat terhadap Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto, tokoh yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Kabupaten Grobogan.

Acara kirab budaya yang dihadiri perwakilan dari Keraton Solo dan Bupati Grobogan Sri Sumarni, dimulai dari Dusun Tambak, Desa Karangasem, Wirosari menuju Makam Ki Ageng Tirto digelar pada Minggu (17/9/2023).

Kereta kencana yang dinaiki para peserta kirab diiringi kelompok drum band dari SD Negeri Karangasem dan SMP Negeri 2 Wirosari. Sesampainya di pintu gerbang Makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto, para peserta turun dan berjalan kaki ke lokasi makam.

Bupati Grobogan Sri Sumarni mengapresiasi Pemerintah Desa Karangasem dan panitia serta masyarakat yang telah menyelenggarakan Haul Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto dengan sangat luar biasa.


Bupati Grobogan, tokoh masyarakat dan warga memadati makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto. (Istimewa)

“Harapannya, kegiatan ini dapat diuri-uri sebagai warisan budaya dan bisa digelar setiap tahun sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang menyebarkan agama Islam di Grobogan,” kata Bupati Sri Sumarni.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Grobogan juga mengajak warga Desa Karangasem Kecamatan Wirosari, untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 yang sebentar lagi bakal digelar pemerintah.

Sementara itu, Kapolsek Wirosari AKP Muri menyampaikan bahwa pada pelaksanaan acara itu, puluhan anggota Polsek berjaga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu undangan maupun masyarakat.

“Anggota Polsek dibantu anggota Koramil Wirosari  melakukan pengamanan acara ini. Sehingga berlangsung aman, lancar dan kondusif” jelas AKP Muri.

Sebelum mengakhiri acara, rombongan tamu undangan melakukan tabur bunga. Selanjutnya, perwakilan dari Keraton Solo, Bupati Grobogan dan rombongan beranjak dari lokasi Makam Syekh Abdurrohman Ki Ageng Tirto. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut