get app
inews
Aa Read Next : Warga di Desa Katekan Brati Kembali Hadang Truk Galian C, Tak Ingin Jalan Utama Rusak

Bupati Grobogan Sebut Tiga Nama Calon Sekda, Siapa Saja dan Apa Jabatannya Saat Ini

Rabu, 30 Agustus 2023 | 17:37 WIB
header img
Bupati Grobogan Sri Sumarni menyebut tiga nama kandidat Sekda Grobogan yang akan dilantik awal September 2023. (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Proses seleksi pengisian pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Grobogan memasuki babak akhir. Menurut Bupati Grobogan Sri Sumarni tinggal menunggu tanggal mainnya untuk pelantikan Sekda.

Untuk diketahui Moh Sumarsono memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 1 September 2023. Sehingga bertepatan dengan itu akan ada kesongan jabatan Sekda Grobogan. Apakah akan disi pejabat baru atau ada Plt atau Pelaksana tugas.

"Insya Allah tanggal 1 September 2023 sudah ada pelantikan pejabat Sekda yang baru. Jadi tidak perlu Plt (Pelaksana tugas) Sekda," jelas Bupati Grobogan Sri Sumarni di DPRD Grobogan, Rabu (30/8/2023).

Menurut Bupati Sri Sumarni, ada lima peserta seleksi yakni Daru Wisakti Kepala Kesbangpol, Anang Armunanto Kepala DPKAD Grobogan, Sunanto Kepala Distan Grobogan, Endang Sulityoningsing Kalak BPBD Grobogan dan Kepala DP3AKB Indartiningsih.

"Sekarang tinggal tiga besar, sudah diwawancarai pak Gubernur (Gubernur Jateng) dan sudah dimintakan rekomendasi ke Komisi ASN," kata Bupati Sri Sumarni.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Sri Sumarni, untuk proses pengisian jabatan Sekda Grobogan dilaksanakan secara terbuka dimulai dengan pengumuman pendaftaran. Lalu proses seleksi dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga dari perguruan tinggi.

"Assesmen sudah dilaksanakan dengan bekerja sama pihak ketiga, yakni dari Undip (Universitas Diponegoro) Semarang dan UNS (Universitas Sebelas Maret) Solo," tambah Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Mengenai nama peserta yang masuk tiga besar, didapatkan dari Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah atau BKPPD Grobogan, Padma Saputra. Kendati demikian dia menjelaskan proses seleksi yang dimulai dengan pendaftaran pada 18 Agustus 2023.

Padma juga membenarkan jika pada awal pendaftaran ada enam nama yang masuk, namun dalam prosesnya tinggal lima peserta yang mengikuti assesmen. Kelima peserta juga sudah menulis makalah dan mengikuti wawancara dengan Pansel (Panitia Seleksi).


Tiga calon Sekda Grobogan berfoto bersama Gubernur Jateng dan Bupati Grobogan sesuai sesi wawancara di Semarang. (Istimewa)

Dari Lima peserta tersebut kemudian setelah mengikuti sesi wawancara dengan Pansel, muncul tiga besar. Yakni Kepala DPKAD Grobogan Anang Armunanto, Kepala Kesbangpol Daru Wisakti dan Kepala Dinas Pertanian Sunanto.

"Ketiganya sudah mengikuti wawancara dengan Gubernur Jateng, hasilnya sudah dilaporkan Bupati dan semoga hari ini muncul rekomendasi dari Komisi ASN atau KASN. Sehingga 1 September 2023 sudah bisa dilaksanakan pelantikan pejabat Sekda Grobogan yang baru," kata Padma. (*)

Editor : Arif F

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut