Logo Network
Network

Porprov Jateng 2023, Kota Semarang Juara Umum, Kabupaten Grobogan Runner Up

Langgeng Widodo
.
Jum'at, 11 Agustus 2023 | 20:28 WIB
Porprov Jateng 2023, Kota Semarang Juara Umum, Kabupaten Grobogan Runner Up
Cabang dayung menyumbang medali emas bagi kontingen Pati di Porprov Jateng 2023.

PATI,iNewsMuria.id-Dengan raihan 185 medali emas, 137 perak, dan 137 perunggu pada klasemen akhir, dipastikan Kota Semarang juara Porprov Jateng XVI Tahun 2023 yang digelar di Pati Raya, 5-10 Agustus.

Di luar dugaan, Kabupaten Grobogan menjadi runner up (juara kedua) dengan raihan 100 emas, 82 perak, dan 76 perunggu, menggeser Kota Solo di tempat ketiga, dengan dengan 78 emas, 72 perak, dan 98 perunggu.

Bagi Grobogan, posisi kedua itu adalah yang pertama sejak mengikuti turnamen multy event empat tahunan di Jawa Tengah. Sementara bagi Kota Solo musibah, karena dalam beberapa Porprov belakangan ini langganan runner up.

Digelarnya Porprov Jawa Tengah  XVI di Pati Raya juga mengangkat prestasi olahraha kabupaten-kabupaten di eks Karesidenan Pati. Seperti Pati yang berada di peringkat 4, disusul Jepara dan Blora yang masin-masing berada di urutan 5 dan 6.

Sementara Kudus di urutan ke-10 dan hanya Kabupaten Rembang yang tercecer di urutan 31 dengan raihan 1 emas 4 perak dan 11 perunggu. Padahal pada Porprov sebelumnya, prestasi Kabupaten Rembang cukup bagus.

Ketua KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara bersyukur dengan capaian kontingen Kota Semarang di Porprov 2023 yang melampaui target dan menjadi juara umum.

"Target perolehan medali emas terlampaui dan ini membuktikan bahwa profesionalisme dalam organisasi melahirkan sebuah prestasi," kata Arnaz, Jum'at (11/8/2023).

Arnaz mengatakan, program Semarang Emas (PSE) yang memberlakukan sistem promosi dan degradasi membuat performa sebagian atlet meningkat.

Bahkan cabang olahraga yang belum pernah meraih emas seperti futsal akhirnya berhasil menciptakan sejarah emas.

Di cabor yang baru dipertandingan di Porprov seperti Kick Boxing juga berhasil didominasi Kota Semarang dengan menjadi juara umum di cabor tersebut.(*)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News

Bagikan Artikel Ini