get app
inews
Aa Read Next : Tanggapi Soal Bursa Calon Wali Kota Surakarta, Katno Hadi: Saya Tidak Mau Cuma Omong Kosong

Mas Wali Kota Gibran Rakabuming Lepas Produk UMKM Solo Raya Ekspor ke Perancis, Ini Obsesinya

Jum'at, 07 Juli 2023 | 18:10 WIB
header img
Wali Kota Gibran Rakabuming Raka didampingi Kepala Kantor Perwakilan BI Solo Nugroho Joko Prastowo dan Ketua Kadin Surakarta Ferry Indrianto melepas produk UMKM di Pendapi Gedhe Balaikota Surakarta, Jumat (07/07/2023), yang akan diekspor ke Perancis.

SOLO,iNewsMuria.id-Wali Kota Gibran Rakabuming Raka melepas ekspor sejumlah produk UsahaM ikro Kecil dan Menengah (UMKM) potensial se-Solo Raya ke Prancis di Pendapi Gedhe Balaikota Surakarta, Jumat (07/07/2023).

Hadir dalam pelepasan itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Nugroho Joko Prastowo dan Ketua Kadin Surakarta Ferry Indrianto serta sejumlah kepala OPD di Pemkot Surakarta. 

Sebanyak 830 produk dari 28 UMKM se-Solo Raya dikirim ke Prancis sebagai bagian dari
penjajakan pasar ke negara di kawasan Eropa. Adapun produknya antara lain, fashion, eco printing, dekorasi rumah, furniture, kerajinan dari kayu, batu dan logam.

Perlu diketahui, kegiatan ekspor itu adalah program berkelanjutan dari tahun lalu ketika Gibran Rakabuming Raka berkunjung ke Paris untuk Java in Paris yang di dalamnya terdapat Solo in Paris.

Selain itu, kegiatan ekspor itu merupakan penjajakan pasar luar negeri dan rencananya akan terus dilakukan untuk mengejar peningkatan produksi produk UMKM khususnya di Kota Solo.

“Intinya kami memberangkatkan berbagai macam produk UMKM dari Solo Raya. Ke depan akan ditambah terus volumenya, tambah negara, tambah tempat, tambah produk. Kami inisiasi dari yang kecil-kecil dulu,” ucap Gibran di sela acara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Nugroho Joko Prastowo menambahkan, produk yang dikirim untuk menjajaki pasar
Prancis berasal dari beberapa produk UMKM unggulan yang ada di Solo Raya.

Menurut Joko, masih banyak PR yang harus dikerjakan untuk membuat UMKM yang masih berada di kategori merah dan kuning bisa naik kelas ke kategori hijau agar dapat segera merambah ke pasar-pasar berikutnya.

“Harapannya, akan semakin membuat UMKM Solo Raya makin meningkat, mudah mudahan yang masih di kategori merah dan kuning bisa naik kelas dan bisa merambah pasar ekspor tidak hanya Prancis,” ucap Joko.

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut