get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Botol Berisi Miras Disita Polisi dari Berbagai Lokasi di Grobogan

Lomba Pocil dan PKS Polres Grobogan, Upaya Pembinaan Karakter Pelajar Sejak Dini

Rabu, 14 Juni 2023 | 17:58 WIB
header img
Polisi Cilik dari SDN 4 Purwodadi binaan Polres Grobogan tampil dalam pembukaan lomba Pocil dan PKS HUT Bhayangkara di GOR Bung Karno, Rabu (14/6/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Polres Grobogan menggelar lomba polisi cilik (Pocil) dan Patroli Keamanan Sekolah sebagai sarana pembinaan karakter sejak dini. Juga meminimalisir efek negatif kemajuan teknologi.

Kegiatan yang digelar di GOR Bung Karno Purwodadi, mulai Rabu (14/6/2023) tersebut diikuti 28 peserta terdiri dari 8 peserta Pocil tingkat SD dan 20 peserta lomba PKS. Lomba dibuka oleh Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

“Kegiatan ini selain memberikan pengajaran tentang kedisiplinan dan melatih kemampuan, ada juga unsur budaya yang dimasukkan dalam lomba,” jelas Kasatlantas Polres Grobogan AKP Deni Eko Prasetyo.

Lomba Pocil dan PKS dibuka dengan penampilan Pocil angkatan 2022 dari SDN 4 Purwodadi yang merupakan binaan Polres Grobogan. Dikomandoi Tito Arif Kurnia, Pocil dari SDN 4 merupakan juara harapan 3 lomba tingkat Polda Jateng.

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan menyampaikan, bahwa kegiatan Pocil selain sebagai kegiatan ekstrakurikuler bagi pelajar SD, juga memberi dampak positif untuk mengurangi efek negatif dari perkembangan teknologi saat ini.

“Lomba pocil ini juga bertujuan untuk mewujudkan pelajar yang mandiri, disiplin dan senantiasa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Juga sarana pembinaan karakter anak terkait kejujuran, dan jiwa sosial sejak usia dini,” kata Kapolres Grobogan.

Sedangkan PKS, lanjutnya, adalah ekstrakurikuler di tingkat SMP dan SMA, dengan peran membantu mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah. Terutama pada saat menyeberangkan pelajar yang akan menuju atau meninggalkan sekolah.

Menurut AKBP Dedy Anung Kurniawan, PKS juga bisa bertindak sebagai pengawas atau pemantau apabila ada tindakan negatif di lingkungan sekolah. Mereka bisa melaporkan kepada guru sehingga dapat mencegah terjadinya kenakalan remaja.

AKBP Dedy Anung Kurniawan berharap, lomba ini tidak tidak hanya sekedar menjadi ajang meraih prestasi masing-masing sekolah. Namun dapat dijadikan sebagai salah satu ajang silaturahmi bagi para pelajar sehingga tidak terjerumus dalam kenakalan remaja.

“Jadilah generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, anti narkoba, anti kekerasan, jalin persatuan dan kesatuan untuk NKRI,” ujar Kapolres Grobogan. (*)

Editor : Arif F

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut