get app
inews
Aa Read Next : Rel Terendam Banjir, KAI Lakukan Pembatalan dan Rekayasa Perjalanan KA

Jangan Tergesa-gesa, Jaga Keselamatan Di Stasiun KA, Penumpang Wajib Perhatikan 4 Hal Ini

Rabu, 26 April 2023 | 05:43 WIB
header img
Ilustrasi.

YOGYAKARTA,iNewsMuria.id-Lebih dari 22 ribu penumpang KA jarak jauh, 17 ribu penumpang KA Komuter dan 8 ribu Penumpang KA Bandara  menggunakan transportasi kereta api setiap harinya saat arus balik di Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta

Oleh karena itu PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengingatkan kembali penumpang yang akan menggunakan kereta api pada masa arus balik Lebaran ini terhadap aturan-aturan keselamatan yang ada di stasiun yaitu :

1. Passenger crossing 

Area passenger crossing sangat rawan sehingga pengamanannya juga tidak boleh lengah. Pelanggan juga harus disiplin dan berhati-hati saat menyeberangi jalur kereta api. Tengok kiri dan kanan, pastikan aman baru menyeberang. Selalu ikuti arahan dari petugas apabila ingin menyebrang.

2. Perhatikan Garis Kuning Peron saat Menunggu Kereta

Garis kuning (safety line) di peron stasiun adalah penanda batas aman untuk menunggu kereta ketika berdiri dan menunggu kereta di stasiun. Berdirilah di belakang garis kuning ketika menunggu kereta demi keselamatan diri sendiri. Karena apabila kamu berdiri di depan garis kuning akan sangat berbahaya, sebab kereta yang lewat dapat menghempaskan angin yang cukup kuat dan membahayakan. Untuk itulah, para announcer di stasiun tidak pernah berhenti mengingatkan penumpang untuk berdiri di belakang garis tersebut. Apabila ada barang yang jatuh ke rel dari peron tinggi, pengguna jasa KA bisa menghubungi petugas untuk mengambilnya jadi jangan ambil sendiri ya.

3. Waspada Celah Peron

Utamakan keselamatan dengan memperhatikan celah peron saat melangkah. KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk bergantian saat akan naik kereta dengan mendahulukan penumpang yang akan turun. Patuhi aturan demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

4. Hati-hati Lantai Licin

Lantai yang licin tentu akan berbahaya. Terlebih orang tua yang sudah tidak memiliki keseimbangan yang baik bisa dengan mudah terpeleset karena lantai licin. Jadi, penting bagi pengguna jasa kereta api di stasiun agar lebih berhati-hati terhadap lantai yang licin. Para petugas kebersihan selalu menggunakan papan peringatan apabila terdapat lantai yang licin sehingga meminimalisasi bahaya terpeleset.

"Mari bepergian dengan aman menggunakan kereta api dengan cara memperhatikan kembali aturan-aturan keselamatan yang ada di stasiun agar kita senantiasa terhindar dari bahaya kecelakaan," ujar Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, dalam siaran pers, Selasa (25/4/2023).

Lebih lanjut Franoto mengatakan, kepadatan arus balik lebaran tidak hanya terjadi di stasiun keteta api. Beberapa ruas jalan menuju ke stasiun juga terjadi kepadatan lalulintas. Karena itu, pihaknya mengimbau penumpang yang akan menuju stasiun mohon supaya mengalokasikan waktunya dengan baik.

"Ini penting supaya penumpang tidak terburu-buru atau berlari-lari menaiki keteta api yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri " tutup Franoto.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut