get app
inews
Aa Read Next : Kedapatan Membawa Sabu, Seorang Pemuda di Grobogan Ditangkap Polisi

Curi Kayu Sonokeling di KPH Gundih, 2 Warga Geyer Diamankan Polisi

Sabtu, 01 April 2023 | 23:39 WIB
header img
Barang bukti kayu sonokeling yang diamankan di Polsek Gundih dari pelaku pencurian kayu di hutan KPH Gundih, Sabtu (1/4/2023). (Istimewa)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Polisi menangkap dua warga Juworo, Kecamatan Geyer, Grobogan, yakni SH (55) dan SW (29).

Keduanya kedapatan melakukan pencurian kayu jenis sonokeling di hutan milik Perhutani di Geyer, Sabtu (1/4/2023) dini hari.

Aksi pencurian dilakukan lima pelaku, menggunakan empat gergaji untuk memotong. Polisi dari Polsek dan Polres Grobogan masih mengejar tiga pelaku lainnya.

Dalam kasus itu, awalnya polisi menerima informasi dari masyarakat ada pencurian kayu di hutan di Desa Juworo, Kecamatan Geyer di kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani BKPH Juworo, KPH Gundih. Para pelaku diketahui melakukan aksinya pada Sabtu sekira pukul 01.30 WIB.

"Setelah mendapat informasi, polisi melakukan penyergapan. Dua pelaku yakni SH dan SW berhasil ditangkap, sedang tiga pelaku lainnya kabur," kata Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kasatreskrim AKP Kaisar Ariadi Pradisa, Sabtu.

Dari dua pelaku yang tertangkap, kata Kasatreskrim, petugas mengamankan barang bukti empat batang kayu sonokeling, empat gergaji, dan empat motor yang dimodifikasi. Aksi pencurian mengakibatkan Perhutani KPH Gundih mengalami kerugian Rp12,1 juta. 

Pelaku akan dikenai Pasal 82 Ayat 1 huruf b,c dan Pasal 83 ayat 1 huruf b UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan yang diubah dengan pasal 37 Angka 12 dan Angka 13 Perpu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut