get app
inews
Aa Read Next : STY Optimis Indonesia Bisa Kalahkan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Batal Kick Off, Indonesia Ditendang dari Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 30 Maret 2023 | 02:35 WIB
header img
Ilustrasi.

DOHA,iNewsMuria.id-Timnas Indonesia U-20 batal tampil di piala dunia untuk pertama kali, menyusul dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan turnamen Piala Dunia U-20 2023.

Pencoretan dilakukan setelah FIFA bertemu PSSI di Doha, Qatar, Rabu (27/3/2023). Pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah secara resmi diumumkan di laman federasi sepakbola dunia tersebut.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," bunyi pernyataan FIFA.

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya."

Terlepas dari keputusan itu, FIFA menyatakan tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo.

"Dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi Oktober 2022, anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberi bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Thohir."

Sementara itu, Ketua umum PSSI Erick Thohir mengaku sudah berjuang maksimal saat bertemu Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023 untuk berjuang agar penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tetap bisa digelar di Indonesia.

Namun posisi Indonesia yang menjadi salah satu anggotanya, menurut Erick, harus tunduk pada kewenangan dan keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir dari Doha.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut