get app
inews
Aa Read Next : DPUPR Grobogan Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Imbas Banjir di Kota Purwodadi

Satlantas Polres Grobogan Tandai Lubang Jalan Dengan Cat Putih, Ternyata Ini Tujuannya

Kamis, 19 Januari 2023 | 16:10 WIB
header img
Satlantas Polres Grobogan memberi tanda kerusakan di Jl Diponegoro Purwodadi dengan cat putih, Kamis (19/1/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id - Anggota Satlantas Polres Grobogan, Kamis (19/1/2023) melakukan pengecekan Jl Diponegoro Purwodadi ke arah Solo dan sebaliknya. Hasilnya ditemukan banyak jalan berlubang di sejumlah lokasi.

"Kerusakan jalan tersebut bisa karena banyaknya kendaraan besar yang melewati Jl Diponegoro atau juga karena hujan deras akibat cuaca ekstrem," jelas Kasatlantas AKP Deni Eko Prasetyo melalui Kaur Bin Ops Satlantas Iptu Leonard Wabiya.

Iptu Leonard didampingi Kanit Kamsel Satlantas Grobogan, Iptu Sutarjo bersama anggota selain mengecek kondisi Jl Diponegoro, juga ruas jalan lainnya di Kota Purwodadi.

Melihat banyaknya lubang jalan di Jl Diponegoro, Satlantas Polres Grobogan kemudian menandainya dengan cara menyemprotkan cat putih pada lokasi kerusakan.

Diharapkan dengan penadaan jalan berlubang dengan cat putih, lanjut Iptu Leonard, masyarakat yang mengendarai baik roda dua maupun roda empat dari jauh bisa mengetahui adanya kerusakan jalan.

"Sehingga setelah mengetahui, mereka yang berkendara akan mengurangi laju kendaraannya. Tindakan tersebut diharapkan bisa mengurangi terjadinya kecelakaan," katanya.

Bagaimanapun juga, sambung Iptu Leonard, kondisi jalan yang rusak bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Baik kecelakaan tunggal maupun dengan kendaraan lainnya.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, bahwa Jl Diponegoro dalam waktu dekat akan diperbaiki," ujarnya.

Terpisah Kepala Dinas PUPR Grobogan, Een Endarto menjelaskan, dinasnya saat ini terus melakukan perbaikan kerusakan jalan di Kota Purwodadi secara bertahap.

Penambalan lubang dengan mengelupas terlebih dahulu jalan yang rusak kemudian diurug dengan batu dan pasir. Setelah dilakukan pengerasan selanjutnya ditutup dengan aspal hotmix.

"Sedangkan untuk perbaikan Jl Diponegoro sudah dianggarkan Rp8 miliar. Perbaikan dengan menggunakan cor beton, akan dilaksanakan pada tahun ini," kata Een. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut