get app
inews
Aa Read Next : DPUPR Grobogan Mulai Perbaiki Kerusakan Jalan Imbas Banjir di Kota Purwodadi

Cegah Pengendara Celaka, PUPR Grobogan Perbaiki Jalan di Kota Purwodadi

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:09 WIB
header img
Dinas PUPR Kabupaten Grobogan melakukan perbaikan kerusakan jalan di Bundaran Simpang Lima Purwodadi, Rabu (18/1/2023). (Arif F)

GROBOGAN,iNewsMuria.id-Jalan Kota Purwodadi, Kabupaten Grobogan rusak di beberapa lokasi akibat hujan deras di akhir 2022 dan awal 2023. Kondisi ini sempat mengakibatkan seorang pengendara motor terjatuh, Selasa (17/1/2023) malam. Dinas PUPR Grobogan langsung bergerak dengan melakukan penambalan sementara secara bertahap.

"Akibat cuaca ekstrem akhir 2022 dan awal Januari 2023, Kabupaten Grobogan diguyur hujan terus menerus, tidak hanya banjir namun juga menyebabkan kerusakan jalan di Kota Purwodadi. Karena itu kita lakukan perbaikan secara bertahap," jelas Kabid Peningkatan Jalan dan jembatan DPUPR Grobogan Erry Subagyo, Rabu (18/1/2023).

Kerusakan jalan di Kota Purwodadi sempat membuat seorang pengendara sepeda motor terjatuh di depan Bank Semeru, Jalan Diponegoro arah Purwodadi-Solo Selasa (17/1/2023) malam. Korban melaju dari arah utara ke selatan, sesampai di lokasi terperosok lubang jalan hingga akhirnya terjatuh. Korban yang mengalami luka lecet pada pelipis dibawa ambulan PMI ke RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi.

Kerusakan jalan di Kota Purwodadi akibat cuaca ekstrem merata di sejumlah lokasi. Salah satunya di jalan Diponegoro Purwodadi, dari arah Simpang Lima ke selatan atau jalur sebaliknya di sisi barat, sepanjang 200 meter ada sekitar 50 lubang, baik kecil maupun besar. Pengendara sepeda motor maupun pengemudi mobil harus mengurangi kecepatan kendaraan saat melintas di jalan rusak tersebut.

Menurut Erry, penambalan dilakukan setiap hari secara bertahap karena lokasi kerusakan cukup banyak. Untuk jalan dengan kerusakan parah, Dinas PUPR tidak langsung menambal, tapi dilakukan pembongkaran terlebih dahulu. Kemudian baru diberi batu hitam untuk dasar setelah itu dikeraskan dan diaspal.

"Jadi untuk yang cukup parah tidak langsung ditambal, namun dibongkar terlebih dahulu baru ditambal. Yang terpenting aman dahulu buat pengguna jalan," kata Erry di lokasi perbaikan jalan bundaran Simpang Lima Purwodadi. 

Sedangkan untuk perbaikan Jalan Diponegoro, menurut Erry, sudah dianggarkan Rp 8 miliar di 2023. Sehingga jalan masuk ke Kota Purwodadi dari arah Solo dan dari Purwodadi menuju Solo tersebut kondisinya baik sehingga aman dan nyaman dilalui kendaraan. 

"Hanya saja pelaksanakan perbaikan Jalan Diponegoro Purwodadi tersebut oleh rekanan harus melalui proses lelang terlebih dahulu. Jadi tetap ada perbaikan baik jalan perkotaan maupun yang Jalan Diponegoro,"  jelas Erry. (*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut