get app
inews
Aa Read Next : Ada Kecelakaan Kereta di Petak Jalan Haurpugur-Cicalengka, Jalur KA Solo - Bandung PP Diputar

Mengintip Fasilitas Stasiun Solo Balapan : Penumpang Kurang Sehat Bisa Periksa di Klinik Stasiun

Jum'at, 06 Januari 2023 | 11:55 WIB
header img
Stasiun Solo Balapan.

SOLO,iNewsMuria.id-Solo Balapan (SLO) adalah salah satu stasiun besar di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang terletak di Kota Bengawan.

Stasiun yang semula tempat pacuan / balapan kuda tersebut pertama kali dibangun pada 10 Februari 1870. Stasiun itu kini telah menjelma menjadi stasiun andalan yang mempertemukan banyak orang dengan berbagai kepentingan.

Stasiun Solo Balapan kini melayani sejumlah perjalanan kereta api (KA), mulai dari KA jarak jauh yang melayani penumpang ke berbagai tujuan favorit seperti Jakarta, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Malang, dan lain-lain.

Selain itu juga ada kereta Aglomerasi, yaitu KA Joglosemarkerto yang berjalan di relasi Jogja - Solo - Semarang - Puwokerto. Stasiun Solobalapan juga melayani KA Bandara International Adi Soemarmo dan KRL Yogya - Solo (PP).

Secara rinci terdapat 53 KA jarak jauh, 24 KRL Commuterline, 8 KA Bandara International Adi Soemarmo, dan 12 KA barang. Dengan dilayaninya berbagai perjalanan tersebut tentu saja stasiun itu menjadi stasiun yang tergolong ramai apalagi pada saat saat musim liburan seperti libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

"Ketika berada di stasiun, hampir semua kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan berbagai fasilitas yang disediakan KAI," kata Manajer Humas Daop 6 Franoto Wibowo.

Ada pun beberapa fasilitas yang dimiliki Stasiun Solobalapan meliputi fasilitas umum diantaranya area parkir mobil dan motor yang luas, loket pemesanan tiket (go show) dan pembatalan atau reschedule, vending machine tiket KA, Chech in Counter, Boarding Gate, dan Customer Service yang siap melayani pelanggan.

Ruang tunggu penumpang bersih, rapi, dan colokan listrik untuk kebutuhan charger handphone baik di ruang tunggu kereta regular, KRL, dan KA Bandara maupun kereta Luxury.

Selain itu, Daop 6 juga menyediakan fasilitas pendukung yang memanjakan pelanggan seperti masjid dan mushola untuk umat muslim, CCTV yang terus memantau keamanan penumpang di stasiun, minimarket dan gerai makanan dengan berbagai pilihan, Bank dan ATM, serta toilet yang selalu dijaga kebersihannya oleh petugas kebersihan stasiun.

Agar penumpang tidak kebingungan saat berada di stasiun, Daop 6 menyediakan informasi yang berisi layout stasiun, display KA, jadwal, dan ketersediaan tempat duduk, serta petunjuk arah yang memuat jalur keberangkatan dan kedatangan, angkutan lanjutan, titik kumpul evakuasi, dan lain-lain.

Jika ada penumpang yang merasa kurang sehat, maka penumpang dapat memeriksakan diri di fasilitas Klinik Kesehatan yang disediakan di Stasiun Solobalapan. Tim medis Daop 6 akan siap membantu memeriksa kesehatan penumpang.

Sementara itu untuk membantu mempermudah perpindahan dari stasiun menuju tempat lain, Daop 6 menyediakan integrasi transportasi melalui skybridge yang tersambung langsung ke Terminal Tirtonadi sehingga penumpang KA dapat langsung mengakses bus.

"Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, Stasiun Solobalapan menjadi tempat yang siap, bahkan menyenangkan bagi pelanggan yang bertransportasi," kata Fran.(*) 

Editor : Langgeng Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut