get app
inews
Aa Read Next : Tiga Rumah di Karangrayung Grobogan Ludes Terbakar, Kata Polisi Ini Penyebabnya

Dua Rumah Deket SPBU Godong Ludes Terbakar, Penyebabnya Diduga Rembesan BBM

Sabtu, 24 Desember 2022 | 22:24 WIB
header img
Petugas pemadam kebakaran dari Pos Damkar Godong dan Pos Damkar Induk Purwodadi melakukan pemadaman api yang membakar dua rumah di dekat SPBU Godong, Jumat (23/12/2022). (Arif F).

GROBOGAN,iNews.id-Kebakaran meludeskan dua bangunan rumah yang berada di dekat SPBU Godong, Kabupaten Grobogan, Jumat (23/12/2022).

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran rumah milik Rikun dan mertuanya di Dusun Kemantren RT 18, RW 03, Desa/Kecamatan Godong, Grobogan. Sebelumnya sempat beredar info yang terbakar adalah gudang beras, tapi ternyata dua rumah warga yang terbakar.
 
Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran rumah di dekat SPBU Godong tersebut, Namun, warga sekitar sempat panik dan khawatir jika api merembet ke SPBU Godong yang terletak di tepi jalan raya Purwodadi - Semarang tersebut. Selain itu akibat kejadian ini arus kendaraan dari Purwodadi menuju Semarang maupun sebaliknya sempat terhenti.

Kendati polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran, namun dari pengakuan Rikun, sebelum terjadi kebakaran istrinya melihat saluran air yang melintas di belakang rumahnya berwarna biru. Diduga warna biru yang terlihat di selokan berasal dari bahan bakar minyak (BBM) yang merembes atau bocor dari SPBU.

"Istri saya sempat berkata dengan nada heran, air saluran kok biru. Setelah mendengar perkataan istri, saya khawatir terjadi kebakaran, sehingga istri saya ingatkan untuk tidak masak ataupun menyalakan kompor," kata Rikun kepada wartawan. 

Seusai bepesan agar istri dan keluarga untuk tidak memasak atau menyalakan motor, Rikun kemudian mengecek air selokan yang dikatakan istrinya berwarna biru. Bahkan untuk memastikan dan mencari jawaban penyebab air selokan berwarna biru, Kirun mengaku sempat memasukan tanban ke selolkan dan mencium tangannya.

"Saya mengecek langsung dengan tangan saya, ternyata memang bau BBM. Karena khawatir dan sebagai antisipasi, kemudian saya mengeluarkan kendaraan dan barang-barang berharga yang ada di dalam rumah," ujar Kirun.

Kirun memindahkan kendaraan dan barang berharga dari dalam rumah ke lokasi yang dirasa aman. Namun, saat kembali lagi, rumah mililnya sudah terbakat. Kirun menduga api berasal dari selokan depan rumahnya yang lokasonya dekat SPBU Godong. Api yang membakar rumah Kirun dengan cepat membesar dan merembet membakar rumah milik mertuanya. 

"Sebelum kebakaran ada suara ledakan disusul api yang membesar dan membakar rumah saya dan milik mertua. Saya dan istri langsung menjauh dari lokasi kebakaran," tambah Kirun.

Mengenai api yang menimbulkan kebakaran, Kirun belum bisa memastikan. Namun dia menduga ada orang yang membuang puntung rokok sehingga baranya menyambar air bercampur BBM di selokan depan rumahnya. Api dengan cepat membesar dan membakar rumah milik Kirun dan mertuanya.

Proses pemadaman api dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Pos Damkar Godong dan didukung dari Pos Damkar Induk Purwodadi di Kantor Satpol Grobogan. Ada empat armada mobil damkar yang melakukan pemadaman sekaligus pendinginan di lokasi kebakaran.

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi melalui Kapolsek Godong AKP Daryanto mengatakan, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran dua rumah di dekat SPBU Godong, termasuk mengenai kerugian yang diderita oleh pemilik rumah tersebut. (Arif F)

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut