get app
inews
Aa Read Next : Miris, 91 Persen Dosen Disebut Bergaji di Bawah 5 Juta Rupiah per Bulan

Ada Gerakan Literasi 1000 Anak Membaca di Temanggung, Ini Kegiatannya!

Kamis, 20 Oktober 2022 | 14:52 WIB
header img
Peringati Bulan Bahasa, Dosen INISNU-Akper Alkautsar Temanggung dan KKM MI kerja bareng tingkatkan literasi anak.

TEMANGGUNG, iNewsMuria.id - Budaya literasi, terutama literasi membaca di kalangan siswa  madrasah, utamanya, literasi membaca perlu lebih ditingkatkan. Menurut hasil Asesemen Kompetensi Madrasah Indonesia ( AKMI ) pada 2021 menunjukkan bahwa, budaya literasi membaca, terutama di Kabupaten Temanggung  masih rendah dibanding rata-rata nasional. 

Hal itu dikatakan Ahmad Sigijarto Kepala Seksi Pendidikan Madrasah saat memberikan sambutan dalam kegiatan Gerakan Literasi 1000 peserta yang diselenggarakan oleh KKM MI Kecamatan Kranggan, Kamis 20/10/2022. 

Kegiatan yang dilaksanakan di taman kali Progro Temanggung, merupakan Kerja sama Kelompok Kerja Kepala Madrasah ( KKM ) Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Kranggan, INISNU dan Akper Alkautsar NU Temanggung.

Ahmad Sugijarto, sambung dia, Kementerian Agama sangat mendorong percepatan tumbuhnya budaya literasi membaca, sains dan numeratik di Madrasah dibawah naunganya. Kementerian Agama memberikan fasilitasi berupa bantuan Hibah untuk Pokja KKG,KKM dan POkjawas yang tujuan utamanya dapat meningkatkan kualitas literasi Guru dan pererta didik.

Demikian, menurut Pengawas Madrasah Kecamatan Kranggan Nurnaningsih, bahwa kegiatan  Gerakan Literasi ini yang diselenggarakan pertama kali  dalam rangka Peringatan Bulan Bahasa di Bulan Oktober tahun 2022 ini.

 “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca guru dan siswa, menumbuhkan kreasi seni anak dan mempererat silaturhami antar madrasah “ terang Nurnaningsih. 

Menurut Evi Wahyuningsih, mentor kegiatan tersebut, sebagai Dosen INISNU yang juga ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) INISNU mengutarakan, kegiatan ini dimulai dengan pentas kreasi anak dan membaca bersama. Bukunya disupport oleh Perpusda Kabupaten Temanggung yang mengirimkan dua Mobil Perpustakaan Kelilingnya.

“Selama ini kami telah melakukan kerja sama dengan berabagai MI di wilayah kecamataan Kranggan untuk mendorong budaya literasi. Kami menyediakan buku secara mandiri untuk memotivasi agar siswa Madrasah mempunyai kegemaran membaca. Dengan maksud, dapat lebih meningkatkan minat anak dalam literasi membaca," papar dia.

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut