get app
inews
Aa Read Next : Polres Kudus Lakukan Pelatihan Jurnalistik, Bekerjasama Dengan IJTI Muria Raya

Berikan Materi Jurnalistik kepada Karyawan Telkom, Langgeng : Jadi Jurnalis Masa Kini harus Nakal

Jum'at, 23 September 2022 | 06:51 WIB
header img
Pelatihan jurnalistik bagi karyawan PT Telkom Regional IV di Swiss-Belhotel International, Kota Solo, 22 September 2022.

MURIA.iNews.id-Jurnalis senior Vladimir Langgeng memberi materi pelatihan jurnalistik kepada karyawan PT Telkom Regional IV.

Pelatihan berlangsung dua hari, 22-23 September 2022 di Swiss-Belhotel International, Kota Surakarta.

Pelatihan untuk memberi bekal kepada Karyawan Telkom Regional IV yang berjumlah 17 orang sebagai perwakilan dari tiap witel yang ada di Regional IV.

Materi yang diberikan meliputi teknik dasar menyusun berita, press release hingga tips dan trick menulis berita di era digital.

Harapannya mengikuti pelatihan, para peserta dapat menjadi kontributor utama untuk menulis berita pada portal masing-masing witel.

Langgeng Wdodo menyampaikan, ada beberapa tantangan bagi para jurnalis di era jurnalisme masa kini. salah satunya penulis harus jeli dan cermat dalam membuat sebuah berita agar mendapatkan engagement yang baik.

Ia mengatakan, pada masa kini tidak cukup hanya menggunakan teknik 5W + 1H saja dalam membuat sebuah struktur berita, penulis harus mampu mengemas berita dengan sudut pandang yang tidak umum.

"Jurnalis masa kini harus sedikit nakal dalam membuat judul atau mengambil sudut pandang, namun tetap tidak mengurangi esensi dan nilai dari berita yang ingin disampaikan," kata Langgeng.

Manager Sekdiv & Public Relation Telkom Regional IV Jateng-DIY Hendro Cahyadianto mengatakan, dengan pengalaman yang dimiliki oleh pembicara dalam dunia jurnalistik dapat memberikan bekal kepada para peserta pelatihan, bagaimana cara menyusun tulisan yang tidak hanya informatif.

"Namun tetap menarik untuk dibaca sehingga setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing witel dapat dilihat dan dikenal oleh banyak orang," kata Hendro.

Editor : Langgeng Widodo

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut