get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Grobogan Bersihkan 23.000 Alat Peraga Kampanye dan Masih Lakukan Penyisiran

Bicara Politik, Bupati Hartopo : Tak Jauh dari Kekuasaan

Selasa, 06 September 2022 | 19:59 WIB
header img
Bupati Kudus, usai serahkan dana bantuan Parpol di Pendapa Kabupaten Kudus.

KUDUS, iNews.id -   Bicara politik memang tak jauh dari kekuasaan. Meski begitu, Bupati Kudus Hartopo menuturkan, tujuan politik itu sebenarnya elegan.  Politik bisa dipandang sebagai komitmen antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan.

"Selama ini, mungkin sebagian masyarakat menganggap bahwa politik itu kejam. Padahal, politik punya tujuan mulia untuk memajukan Kabupaten Kudus," kata bupati usai menyerahkan bantuan keuangan partai politik di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (6/9/2022).

Di tahap pertama, dana bantuan partai politik yang disalurkan senilai Rp 1,2 miliar untuk 10 partai politik. Yakni, PDIP, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, PKB, Partai Nasdem, dan PPP.

Lebih lanjut Hartopo mengatakan, pendidikan politik penting untuk masyarakat. Selain untuk mengubah pola pikir, juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Apalagi, jelang pelaksanaan Pemilu pada 2024 mendatang.

"Pendidikan politik itu penting agar masyarakat memahami tujuan utama dari politik yang mungkin selama ini memiliki persepsi cenderung negatif," paparnya.

Meski begitu, Hartopo tak menampik bahwa para aktor politik terkadang menyalahgunakan kekuasaan. Salah satunya praktik politik uang untuk menarik pemilih. Dengan tegas, Hartopo mendukung pencegahan politik uang.

"Saya juga tak setuju adanya politik uang. Kepemimpinan selama lima tahun tidak boleh digadaikan dengan sejumlah uang. Masyarakat dan para aktor politik harus berkomitmen tidak ada politik uang," tegasnya

Terkait bantuan keuangan untuk partai politik, Hartopo meminta agar penggunaannya mengedepankan asas transparansi. Dia meminta seluruh penggunaan dipertanggungjawabkan.

"Penggunaan bantuan keuangan harus transparan. Harus benar-benar sesuai tujuan awal peruntukkan bantuan," imbuhnya

Ketua DPRD Kudus Masan meminta agar partai politik terus menjaga kedamaian suasana politik di Kabupaten Kudus. Sehingga tidak ada perselisihan yang akhirnya memecah belah masyarakat.

Sumber : Kuduskab.go.id

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Berita iNews Muria di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut