get app
inews
Aa Read Next : 57 Orang Lolos ke Seleksi Nasional Pemagangan ke Jepang, Ini Harapan Sekda Grobogan

Buka Diklat Dasar Instruktur BLK Komunitas, Heru Wibowo : Kita Siapkan SDM Instruktur yang Unggul

Selasa, 06 September 2022 | 16:13 WIB
header img
Heru Wibowo saat buka Diklat Dasar Instruktur BLK Komunitas.

SEMARANG, iNewsMuria.id -Diklat Dasar (Dikdas) Instruktur Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Kejuruan Teknik Informatika dan Komunikasi (TIK) dan Garmen Apparel telah resmi dibuka oleh Kepala BBPVP Semarang, Heru Wibowo bertempat di studio Catwalk BBPVP Semarang, Selasa (06/09/2022).

Dikdas yang diikuti oleh 20 orang calon instruktur garmen dan 20 orang  Instruktur TIK dari 40 BLK Komunitas di Pulau Jawa dan Sumatera ini, bertujuan untuk menyiapkan sumberdaya instruktur pada masing-masing BLK Komunitas. Pada tahun 2022 ini BLK komunitas yang dibangun tahun 2021 diharapkan dapat menyelenggarakan pelatihan sesuai dengan program pelatihan yang dipilihnya. 

BLK Komunitas merupakan BLK yang dimiliki dan dikelola oleh komunitas masyarakat. Sebelumnya, BLK Komunitas telah menerima bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI berupa gedung, peralatan pelatihan dan dilanjukan dengan penyiapan instruktur serta tenaga pelatihannya. Masing-masing BLK komunitas juga mendapatkan anggaran bantuan program pelatihan.

Dalam sambutannya, Heru Wibowo mengajak BLK komunitas untuk memperhatikan link and match antara program pelatihan BLK Komunitas dengan kebutuhan pasar kerja.

"Pemilihan program pelatihan pada BLK komuitas semestinya memperhatikan pasar kerja dan potensi lingkungan. Oleh karena itu harus selalu dilakukan Training Need Analysis (TNA) agar tercipta link and macth.”

Heru menambahkan, agar tercipta match yang benar-benar match, maka kolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya dunia usaha dan dunia industri adalah mutlak. Menurutnya BLK Komunitas harus selalu berkomunikasi dengan calon user tenaga kerja yang dilatih. Sehingga, lulusan pelatihan BLK bisa langsung terserap ke dunia usaha maupun dunia industri. Kalo perlu, dari pihak industri ikut menjadi instruktur di BLK.

Heru Wibowo berharap agar para peserta bisa memanfaatkan semaksimal mungkin Diklat Dasar ini. "Harapan kami, setelah mengikuti Dikdas, teman-teman sekalian bisa menjadi Instruktur terampil yang siap tampil di BLK Komunitas masing-masing," tuturnya.

Sumber : BBPVP Semarang

Editor : Achmad Fakhrudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut